ICT Center UIN Ar-Raniry Sosialisasi Validasi Data

Sumberpost.com | Banda Aceh – Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) atau Information and Communicatation Tecnology (ICT) Center UIN Ar-Raniry melakukan sosialisasi persiapan dan validasi data Emis (Education Management Information System).

Kepala ICT Center UIN Ar-Raniry, Ghufran Ibnu Yasa mengatakan, secara umum sebuah perguruan tinggi keagamaan Islam negeri wajib melaporkan dua jenis data secara rutin setiap tahunnya, pertama ke PD-Dikti Kemenristekdikti dan data EMIS ke Kementrian Agama.

“Data yang dilapor harus sangat akurat, data tersebut merupakan yang bersumber dari program studi di masing-masing fakultas serta unit atau lembaga yang ada di Lingkungan UIN Ar-Raniry,” kata Ghufran saat mengisi sosialisasi di Ruang Multimedia gedung ICT UIN Ar-Raniry, Kamis, (5/4/2018).

Menurut Ghufran, pelaporan data harus dilakukan dua kali dalam setahun, yakni dilaporkan pada awal semester. Data yang dilapor merupakan data yang berkaitan dengan perkembangan akademik, sumber daya manusia dan manajemen.

Disebutkan, bahwa data yang berkaitan dengan akademik antara lain jumlah mahasiswa, alumni, dosen dan jurnal, terkait dengan SDM, yakni tenaga pengajar, tenaga kependidikan dan beberapa data pendukung lainnya, sementara yang menyangkut dengan asset, juga harus dialporkan seperti kondisi perpustakaan, ruang belajar dan fasilitas lainnya.

“Sistim pelaporan data tersebut kepada Kementerian Agama melalui aplikasi yang telah disiapkan untuk pengelola pendidikan tinggi dibawah Kemenag,” kata Dia.

Kepala Biro AUPK UIN Ar-Raniry, Junaidi Rasda usai membuka kegiatan tersebut mengatakan,  di era teknologi saat ini, data dan informasi merupakan suatu yang penting dalam mendukung perencanaan, tanpa data yang akurat maka perencanaan tidak akan sempurna.

“Data yang diberikan harus akurat dan terus diperbaharui, karena jika data tidak akurat maka perencanaan juga tidak akan sempurna, oleh karena itu data yang diberikan harus sangat akurat,” kata Karo AUPK.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 56 peserta, terdiri dari utusan prodi dan unit terkait di Lingkungan UIN Ar-Raniry, kegiatan berlangsung selama satu hari, selanjutnya peserta kembali akan melaksanakan dan penyempurnaan data di unit masing-masing. [rel/ron]