Perayaan Thaipusam Suku Tamil di Serambi Mekkah

Sumberpost.com|Banda Aceh – Masyarakat Hindu Tamil melakukan persiapan perayaan Hari Thaipusam di Gampong Keudah, Kecamatan Kuta Raja, Banda Aceh, Jumat (6/4/2018).

Thaipusam merupakan perayaan untuk menunaikan nazar dan menebus dosa serta memohon ampun sebagai bentuk penghormatan kepada Dewa Murga.

Pengelola Tempat Ibadah Hindu, Rada Krisna mengatakan suku Tamil sendiri di Banda Aceh tidak banyak lagi, saat tsunami menerjang Aceh 2004 silam, banyak yang sudah meninggal.

“Dalam menyambut perayaan ini, suku Tamil dari Medan pun banyak yang datang, kami mengundang mereka seperti halnya acara dalam Islam saat Maulid, mengundang sanak saudara. Besok akan ada suku Tamil dari Malaysia,” ujarnya.

Rada Krisna juga mengundang Walikota Banda Aceh, Pemuka Agama, Kapolres Banda Aceh, dan petinggi lainnya.

Dia mengatakan, sebelum memulai upacara Thaipusam, masyarakat suku Tamil umumnya tidak memakan daging.

“Sajian nya vegetarian, untuk disajikan kepada suku Tamil, masyarakat muslim juga boleh ikut makan, makanan yang disediakan Halal,” ujarnya.

Puncak Thaipusam sendiri akan berlangsung Minggu pagi, disana akan ada tusuk besi, ritual melakukan doa kepada Tuhan, agar diberi kesehatan dan kekuatan sesuai kepercayaan suku Tamil.

Rada Krisna mengatakan, selama Ritual ini kita lakukan, meskipun di Aceh , tetapi tidak ada perseteruan, malah masyarakat muslim disini sangat toleran, begitu juga dengan kami. [fan]

Raudhatul Jumala

Mungkin Anda Menyukai