Sebanyak 1.489 Mahasiswa KPM UINAR di Pidie Kembali Dijemput

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sebanyak 1.489 mahasiswa peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) UIN Ar-Raniry Banda Aceh di Pidie, secara serentak dijemput untuk kembali ke Banda Aceh, Kamis (26/4/2018).

Kepala Biro AAKK, Jakfar Yacob, mengatakan bahwa mahasiswa UIN Ar-Raniry yang melakukan pengabdian di kabupaten Pidie merupakan mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

“Mahasiswa peserta KPM ini seluruhnya berasal dari Tarbiyah dan Keguruan, kegiatan mereka selama 60 hari, selain melaksanakan program pengabdian bersama masyarakat, seperti membantu pada tempat pengajian di gampong, baik TPA atau jamaah taklim dan bersama pemuda gampong,” ujar Jakfar.

Ia menambahkan, pengabdian yang dilakukan tersebut merupakan kewajiban setiap mahasiswa, dan merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan tokoh masyarakat di Kabupaten Pidie yang telah menerima dan membina mahasiswa-mahasiswi kami selama 2 bulan penuh,” tutupnya.

Camat Pidie, Miswar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada UIN Ar-Raniry yang telah mempercayakan Kebupaten Pidie, khusus kecamatan yang dipimpinnya menjadi salah satu tempat pengabdian bagi mahasiswa.

Miswar juga mengapresiasi kepada mahasiswa UIN Ar-Raniry, karena selama KPM berlangsung, tidak ada masyarakat yang mengeluh akan kehadiran mahasiswa dari kampus tersebut.

“Alhamdulillah tidak ada laporan atau keluhan dari masyarakat, selama pengabdian jika terjadi hal yang tidak sesuai yang diinginkan, atas nama masyarakat kami sampaikan permohonan maaf,” tambah Miswar.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat (P2M) UIN Ar-Raniry, Jakfar Puteh mengatakan, penjemputan dilakukan oleh pimpinan bersama tim dari UIN Ar-Raniry, proses penjemputan peserta dipusatkan pada masing-masing kecamatan.

“Pimpinan bersama tim yang dibentuk menjemput peserta KPM di masing-masing kecamatan, hal itu dilakukan untuk memudahkan koordinasi, sebelumnya pada pengantaran telah diterima langsung oleh Bupati Pidie, dihalaman Kontor Bupati pada dua bulan yang lalu,” tutup Jakfar Puteh.[rel/fan]