Kesiapan Dosen, Guru dan Mahasiswa Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Sumberpost.com | Banda Aceh – Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Ar-Raniry menggelar Seminar Nasional bertemakan “Kesiapan Dosen, Guru dan Mahasiswa dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0” di Aula FTK kampus setempat, Jum’at (11/5/2018).

Katua Prodi PTI FTK UIN Ar-Raniry, Yusran, mengatakan, tanpa disadari saat ini telah berada pada era revolusi 4.0, artinya manusia telah melalui tiga revolusi sebelumnya, misalnya pada revolusi pertama munculnya kereta api dengan uap, revolusi ke dua muncul tenaga listrik, ke tiga disebut era computer dan perangkat elektronik lainnya sekitar tahun 1989, dan saat ini kita dihadapkan pada era teklogo informasi yang berkembang dengan sangat cepat.

“Kesiapan Dosen, Guru dan Mahasiswa dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0, tema ini merupakan landasan yang menjadi penting bagi dosen dan guru yang merupakan penyampai pesan kepada generasi calon pekerja dan pendidik, generasi ini harus paham bahwa mereka sudah berada pada era 4.0 ini,” ujarnya.

Dosen dan mahasiswa PTI diharapan dapat menyiapkan diri sendiri dan anak didik untuk menghadapi era 4.0 ini, bagi mahasiswa calon pendidik juga harus memperoleh informasi, karena perubahan sangat sangat cepat.

Wakil Dekan bidang Akademik dan Kelembagaan FTK, Sri Suyanta, usai membuka acara mengatakan, seminar yang difasilitas oleh Prodi PTI tersebut merupakan salah satu program dalam rangka menyiapkan dosen, guru, dan mahasiswa yang juga akan menjadi tenaga pendidik, untuk menghadapi era revolusi industry 4.0.

“Perkembangan dan gaya hidup di era saat ini, semakin hari terus berkembangan dan perubahannya juga sangat cepat, maka kita harus mempersiapkan diri dalam rangka menyongsong era revolusi industry 4.0,” ujarnya.

Seminar tersebut menghadirkan dua narasumber utama, yakni Ketua Aplikom yang juga guru besar Ilmu Komputer Universitas Indonesia, Prof. Zainal A. Hasibuan dan Desen Universitas Syiah Kuala (anggota IEEE) Fitri Arnia serta diikuti oleh seratusan peserta terdiri dari dosen dan mahasiswa PTI UIN Ar-Raniry dan sejumlah guru SMK di Banda Aceh. [rel/ron]