Peserta RDK Wajib Khatam Alquran dalam 3 Hari, Ini Alasannya

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sebanyak 100 peserta karantina hafal Alquran program Ramadhan Di Kampus (RDK) 2018 diwajibkan tilawah Alquran hingga khatam dalam waktu tiga hari. Wajibat tersebut terhitung sejak Ramadhan pertama hingga dua hari ke selanjutnya.

“Ini berguna untuk melatih kesabaran para peserta. Sebab penghafal Alquran harus sabar ya kan,” kata Ketua Bidang Daurah Quran, Zamakhsyari saat ditemui di Masjid Jami’ Kampus Kopelma Darussalam, Kamis (17/5/2018).

“Selain itu kewajiban khatam Quran dalam tiga hari ini juga melatih kelancaran lisan saat membaca Alquran dan mengukur kemampuan hukum bacaan masing-masing peserta,” tambahnya.

Zamakhsyari menjelaskan, keutamaan mereka yang hafal Alquran akan di tempatkan di surga bersama para nabi dan bisa mengajak keluarga masing-masing. “Anak yang hafal Alquran, di akhirat akan disematkan mahkota di atas kepala orang tuanya. Dan itu sebuah kebahagiaan,” jelas Zamakhsyari.

RDK 1439 H merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Universitas Syiah Kuala bekerjasama UIN Ar-Raniry, LDK Fosma, LDK Ar-Risalah dan beberapa lembaga lainnya di sekitaran kampus Darussalam. []

Sara Masroni

Mungkin Anda Menyukai