Himapol UINAR Dukung Pembentukan Dewan Sawit Aceh

Sumberpost.com | Banda Aceh –  Himpunan Mahasiswa Ilmu  Politik (Himapol) UIN Ar-Raniry mendukung penuh pembentukan dewan sawit atau lembaga sejenisnya  sebagai solusi atas permasalahan harga sawit yang kian anjlok.

Ketua Himapol, Teuku Hendra Mulyadi mengatakan, Pemerintah harus peka terhadap hal yang dirasakan petani sawit di beberapa kabupaten/kota di Aceh,sehingga petani tidak lagi mengalami kesulitan.

“Pemerintah seharusnya membentuk dewan sawit sebagai salah satu upaya perwujudan Aceh Kaya,” kata Hendra melalui siaran persnya dari Banda Aceh, Minggu (1/7/2018) malam.

Ia menambahkan, ini mengingat harga sawit yang sepertinya dipermainkan oleh sejumlah oknum dan kasus anjloknya harga sawit bukan kali pertama di Aceh. Himapol mendukung penuh Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Dema-FISIP) UIN Ar-Raniry tentang desakan pembentukan Dewan Sawit Aceh.

“Kami mempertanyakan kinerja dewan legislatif dan dinas terkait tentang pembentukan dewan sawit atau lembaga sejenis untuk menyejahtarakan petani,” tegasnya.

Menurut Hendra, sudah saatnya pihak berwenang membuka mata mengingat pada 2017 ada sejumlah 127.155 petani sawit di Aceh berdasarkan data yang dilansir Statistik Perkebunan Indonesia Komoditas Kelapa  Sawit dan itu meningkat setiap tahun. Penurunan harga sawit mengakibatkan petani mengalami kerugian dan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

“Dewan Sawit Indonesia telah dibentuk tetapi perannya di Aceh seakan belum tampak. Sehingga setiap terjadinya persoalan mengenai harga sawit,penyelesaiannya berlarut dan menyengsarakan masyarakat,” tutupnya. [rel/ron]

Mungkin Anda Menyukai