Prosedur Registrasi Ulang Jalur SBMPTN UIN Ar-Raniry 2018

Sumberpost.com | Banda Aceh – Peserta yang telah dinyatakan lulus jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di UIN Ar-Raniry sudah dapat melakukan pendaftaran ulang. Ini berlangsung sejak diumumkannya SBMPTN pada 3 Juli hingga 10 Juli mendatang.

Pendaftaran ulang dilakukan secara online di www.pmb.ar-raniry.ac.id, lalu memilih menu registrasi dan verifikasi – SBMPTN; masukkan nomor pendaftaran dan klik registrasi; jika nomor pendaftaran terdaftar di sistem, maka akan muncul pop-up; klik tombol Ya,Verifikasi Data; ikuti tahapan verifikasi data yang diberikan oleh sistem; isi data dengan benar dan valid.

Sebelum melakukan registrasi, peserta wajib mempersiapkan berkas-berkas perlengkapan data, seperti :
1. SKHU sementara yang asli (diupload di aplikasi).
2. Surat keterangan berkelakuan baik (boleh dari sekolah atau kepolisian).
3. Surat kesehatan dari klinik UIN Ar-Raniry.
Ukuran File maximal 3 MB dan Format JPG atau PNG atau JPEG.

“Surat kesehatan wajib diambil di klinik UIN Ar-Raniry, tidak perlu lagi dari puskesmas terdekat,” kata Zulaikha, Kasubbag Layanan Akademik melalui staf saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (4/7/2018).

Bagi Calon Mahasiswa Baru (Camaba) yang mengajukan keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT), harap mengupload :
1. Rekening listrik 3 bulan terakhir.
2. Rekening PDAM 3 bulan terakhir (bila ada).
3. Kartu Keluarga.
4. KTP orang tua.
5. Surat miskin asli dari kepala desa (mencantumkan pendapatan orang tua per bulan).
6. Foto rumah dari 4 sisi.
7. Kartu Keluarga Sejahtera, kartu PKH atau lainnya yang dikeluarkan pemerintah (bila ada).

Ia menambahkan, bagi Camaba yang menggunakan listrik prabayar, tetap harus mengupload rekening listrik yang bisa didapat dari aplikasi listrik pintar atau konter terdekat. Mengenai pengisian data, peserta wajib mengisinya secara lengkap atau sistem tidak dapat menyimpan. Bila tidak ada, tulis angka 0.

“Setelah mengisi data dalam aplikasi secara online, peserta bisa langsung mengikuti wawancara untuk penentuan UKT dan verifikasi data online, tidak perlu menunggu,” katanya.

Wawancara penentuan UKT dan verifikasi data online dapat dilakukan pada 4-13 Juli 2018 di Loket Layanan Akademik, Gedung Registrasi dan Bisnis, Lantai I Biro AAKK UIN Ar-Raniry. Calon mahasiswa baru wajib membawa semua berkas yang diupload untuk diverifikasi (jika fotokopi, harus dilegalisir). Khusus anak karyawan/dosen UINAR diminta untuk melampirkan fotokopi SK terakhir orang tua yang sudah dilegalisir dan KP4, sedangkan anak PNS/TNI/Polri/lainnya cukup melampirkan fotokopi SK terakhir orang tua yang sudah dilegalisir.

Setelah wawancara dan penentuan UKT, Camaba dapat membayar UKT di Bank Aceh Syariah pada 5-18 Juli 2018.

Kegiatan selanjutnya sebelum memulai kuliah efektif adalah User Education (Pengenalan portal mahasiswa dan tata cara pengisian data mahasiswa) tanggal 27-28 Agustus di Gedung Auditorium Ali Hasymy UIN Ar-Raniry, Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK)  tanggal 29-31 Agustus 2018, Orientasi Perpustakaan tanggal 1-4 September 2018. Kuliah efektif semester ganjil TA. 2018/2019 dimulai pada 3 September 2018 hingga 22 Desember 2018. [ron]

Cut Della Razaqna

Sumber : Pengumuman Nomor : 5659/Un.08/B.II/PP.00.9/07/2018 tentang Prosedur Registrasi/Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN tahun 2018.

Mungkin Anda Menyukai