Musyawarah Akbar Mahasiswa Bahasa Arab se-Aceh

Sumberpost.com | Banda Aceh – Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab (HMP PBA) bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab (HMP BSA) mengadakan acara seremonial pembukaan Musyawarah Akbar Mahasiswa Bahasa Arab se-Aceh perdana dan Seminar Nasional pada 5-7 Juli 2018 di Gedung Aula Teater Museum UIN Ar-Raniry yang dihadiri oleh para dosen dan seluruh delegasi mahasiswa bahasa Arab se-Aceh.

Ketua Panitia, Zikra Juninawan dalam sambutannya mengatakan, tujuan acara ini adalah menjalin silaturahmi sesama mahasiswa bahasa Arab di Aceh sekaligus melaksanakan program khusus

“Acara ini juga dibuat untuk mengembangkan bahasa Arab di Bumi Aceh,” katanya, Kamis (5/7/2018).

Seminar Nasional yang mengusung tema “Antara Problematika dan Cita-Cita Mahasiswa Indonesia” diisi langsung oleh alumni prodi ini yaitu Azwir Nazar dan As’adi.

As’adi mengatakan, mahasiswa bahasa Arab harus mampu mendekatkan bahasa Arab kepada masyarakat dan mahasiswa, dengan menciptakan lingkungan Arab.

“Buat  spanduk, iklan, pengumuman prodi di kampus dengan menggunakan bahasa Arab, jangan takut orang tak paham,” jelasnya yang juga merupakan Sekretaris Ikatan Alumni Timur Tengah.

Sementara Azwir Nazar, Presiden PPI Turki periode 2016-2017 dalam ulasan singkat penutup materi menyampaikan, semoga musyawarah ini bukan hanya pembicaraan semata, tetapi perlu aksi real dan nyata, yaitu mengajarkan Bahasa Arab di kampung sendiri yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Acara dibuka oleh Ketua Prodi BSA, Zulhelmi. Turut dihadiri oleh berbagai perwakilan kampus yang memiliki Prodi Bahasa Arab se-Aceh diantaranya adalah STIT Alhilal,  STIT Bustanul Arifin, IAIN Cot Kala Langsa, IAI Almuslim,  IAI Al-Aziziyah, IAIN Malikussaleh dan STAIN Gajah Putih.[rel/ron]

Mungkin Anda Menyukai