Di UIN, Uang Kuliah di Semua Jalur Sama

Sumberpost.com | Banda Aceh – Tidak ada perbedaan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) antar tiap-tiap jalur masuk UIN Ar-Raniry. Tidak benar jika ada yang beranggapan bahwa biaya kuliah melalui jalur mandiri atau PMB-Lokal lebih mahal.

Hal ini disampaikan oleh Fadhli, Kepala Bagian Akademik Biro AAKK UIN Ar-Raniry saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (9/7/2018).

“Di sini, tidak ada perbedaan uang kuliah antara jalur nasional dan mandiri. Besaran UKT tergantung prodi dan kemampuan orang tua,” jelasnya.

Ada 7 kelompok UKT yang akan ditetapkan untuk mahasiswa baru berdasarkan kriteria tertentu. UKT 1 atau UKT terendah sebesar Rp 400.000 dikhususkan untuk mereka yang benar-benar tidak mampu. UKT akan ditentukan usai wawancara dan registrasi berkas.

UKT satu program studi bisa jadi lebih besar atau kecil dibanding program studi lainnya. Hal ini tergantung tingkat kebutuhan bahan belajar. Program studi dengan UKT termahal adalah biologi, ini mencapai Rp 4.111.000 untuk kelompok 7.

Berikut besaran UKT masing-masing program studi di UIN Ar-Raniry.

“Tidak perlu memanipulasi data, setiap tahun kami mengadakan kunjungan secara acak untuk melihat kondisi kemampuan mahasiswa ke rumah. Kami pernah menemukan data yang tidak sesuai lalu menetapkan UKT tertinggi untuk yang bersangkutan,” kata Fadhli.

Ia menambahkan, bagi mahasiswa yang mampu, tidak perlu mengajukan keringanan UKT, ini akan mempercepat dan mempermudah proses pendaftaran ulang. [ron]

Cut Della Razaqna

Mungkin Anda Menyukai