Yarmen Dinamika: Menghadapi Jaman Hoax Ini, Gunakan Konsep ‘Saring Dulu Baru Sharing’

Sumberpost.com | Banda Aceh – Redaktur Pelaksana Harian Serambi Indonesia sekaligus penggagas Forum Aceh Menulis (FAMe), Yarmen Dinamika mengatakan, di tengah serbuan informasi seperti sekarang ini, perlu konsep khusus menangkal info hoax yang beredar di masyarakat.

“Saring dulu baru sharing, tidak semua informasi yang ada di grup Whatsapp itu benar. Bisa jadi ada banyak fitnah dan ujaran kebencian di sana,” kata Yarmen saat memberikan materi Workshop Jurnalistik di halaman Kantor Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh, Minggu (12/8/2018).

“Satu lagi, posting yang penting, jangan yang penting posting. Ingat ya, jaman ini sudah berlaku UU ITE. Salah-salah posting bisa penjara tempatnya,” jelas penggagas FAMe itu.

Yarmen mengajak para peserta agar terus mengasa kemampuan literasi mereka dengan terlibat di berbagai komunitas menulis saat ini.

“Untuk menunjukan kita cerdas cuma dua cara, kalau bukan kemampuan bicara, yaitu kemampuan menulis. Jika tidak bisa dua-duanya, akan sangat sulit menunjukan apa kemampuan dan sisi manfaat kita terhadap orang lain,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Yarmen juga menjelaskan sejarah, unsur dan bagian serta jenis-jenis berita yang digunakan saat ini di media massa. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII bersama Ikatan Pustakawan Indonesia Provinsi Aceh dan FAMe.[]

Sara Masroni

Mungkin Anda Menyukai