IPK 3.99, Lulusan Terbaik UIN Ini Sampaikan Tips Jadi Mahasiswa Berprestasi

Sumberpost.com | Banda Aceh – Rachmawati, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry terpilih sebagai wisudawan terbaik dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.99 atau istimewa.

Hal ini diketahui saat prosesi wisuda 1.320 lulusan Program Doktor, Magister, Sarjana dan Diploma III UIN Ar-Raniry, Semester Genap Tahun Akademik 2017/2018 di Gedung Auditorium Ali Hasjmy, Rabu (5/9/2018).

Saat ditanya perihal melanjutkan pendidikan, dirinya mengaku ingin sekali S2 ke Maroko dengan beasiswa.

“Senang sekali saat mendengar jadi lulusan terbaik. Ini sedang persiapan beasiswa LPDP untuk lanjut ke Timur Tengah, semoga lulus,” ungkap Rachmawati saat ditemui usai prosesi wisuda.

Ia menjelaskan, menjadi mahasiswa memang mendapat banyak tantangan. Cobaan terberat menurut Rachmawati adalah melawan rasa malas.

“Untuk yang satu ini, solusinya adalah berteman dengan orang-orang rajin dan selalu memberi semangat,” ucapnya.

Rachmawati melanjutkan, ada 3 tips menjadi mahasiswa berprestasi di kampus menurutnya seperti yang berikut ini.

Pertama, luruskan niat karena Allah. Segala sesuatu yang diniatkan lillah menurutnya akan mendapat banyak jalan kemudahan. “Kalau niat karena nilai, biasanya bikin kecewa,” ungkapnya.

Kedua, takzim pada guru. Menghormati dan berbuat baik terhadap dosen menurutnya akan memberikan keberkahan ilmu yang diperoleh.

Ketiga, memaksimalkan usaha dan doa. Sebab menurutnya, apapun yang kita kerjakan, hasil akhirnya tetap saja pada Sang Maha Khalik.

“Usaha saja terus, jangan pandang hasilnya ke depan. Hasil serahkan pada Allah,” tutup Rachmawati.

Saat menjadi mahasiswa, Rachmawati pernah bergabung di Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Ar-Risalah, Radio Assalam dan Musaidah Mahad Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry. []

Sara Masroni

Mungkin Anda Menyukai