Wadek FSH Sampaikan Tips Jadi Pemimpin Mahasiswa yang Baik

Sumberpost.com | Aceh Besar – Wakil Dekan III Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry, Saifuddin memberikan tips-tips menjadi pemimpin yang baik dikalangan mahasiswa saat menjadi pemateri di kegiatan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa di Lubok Aceh Besar, Jum’at (21/9/2018).

Menurutnya tips yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin agar menjadi pemimpin yang disenangi maupun disegani oleh orang lain diantaranya yaitu.

Pertama, menjadi pemimpin yang tidak hanya disenangi karena emosionalnya, akan tetapi juga disenangi karena intelektual nya.

“Pimpinan yang baik dikalangan mahasiswa adalah pimpinan yang tidak hanya disenangi karena emosionalnya, tetapi juga disenangi karena intelektualnya,” ujarnya.

Kedua, menurutnya adalah seorang pemimpin yang juga harus mempersiapkan diri mereka untuk menjadi yang lebih baik.

“Ya, mereka harus mempersiapkan diri menjadi lebih baik, karena tidak ada orang yang lahir instan tanpa persiapan. Pemimpin yang dilahirkan dengan cara instan biasanya akan cepat terhapus di permukaan bumi ini,” ungkapnya.

Ketiga, pemimpin yang harus memiliki persiapan yang matang, baik dari sistem pengkaderan maupun persiapan dari dirinya untuk mendapatkan sesuatu, baik itu melalui jalur lain.

“99% keberhasilan pemimpin didapat karena keringatnya, sisanya didapat kan dari bakat yang mereka miliki,” tambahnya.

Selain itu mahasiswa juga diharapkan agar dapat menggali banyak tentang kepemimpinan, karena mahasiswa adalah calon-calon pemimpin di masa yang akan datang.[sal]

Irfan Aulia

Mungkin Anda Menyukai