Jurnal Petita Gelar Workshop Menulis dan Mengelola Jurnal

Sumberpost|Banda Aceh- Jurnal Petita Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Ar-Raniry menggelar workshop Keterampilan Menulis dan Mengelola Jurnal di aula kampus setempat, Rabu, (28/11/ 2018).

Acara tersebut berlangsung selama dua hari, 27-28 November 2018. Dan turut menghadirkan dua pemateri yang artikelnya telah dipublikasi di jurnal bereputasi internasional, yakni Dr. Shabri A. Majid, M.Ec dari Fakultas Ekonomi Unsyiah dan Dr. Azharsyah Ibrahim, M.S.OM dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah dosen dan pengelola berbagai jurnal dari UIN Ar-Raniry maupun luar kampus tersebut.

Shabri kala menjelaskan perihal mengubah hasil riset menjadi artikel jurnal memberikan sejumlah tips agar suatu artikel jurnal dapat dipublikasi pada jurnal bereputasi, salah satunya dengan memerhatikan judul artikel.

“Judul artikel itu harus dapat diprediksi, menarik minat pembaca, mampu merefleksikan sedikit bagian artikel, dan mengandung kata kunci yang mudah diakses dengan mesin pencari komputer,” jelas Shabri.

Diungkapkan Shabri bahwa berdasarkan hasil penelitian, judul artikel yang paling banyak diakses adalah dengan judul pendek terdiri paling panjang 8 kata dan artikel dengan judul bertanya. Adapun artikel dengan judul memiliki tanda titik dua amat sedikit unduhan dan pengutipannya.

Sementara Azharsyah menjelaskan dalam mengelola sebuah jurnal, hal paling penting diperhatikan adalah dukungan dari berbagai sumber daya, meliputi dukungan teknologi, admin web, dan manajerial jurnal itu sendiri. Hal penting lainnya adalah tampilan jurnal yang amat menentukan dan publikasi artikel yang harus dilakukan secara tertib. [adz]

Mungkin Anda Menyukai