Nazar Apache 13: Semua Butuh Proses

Sumberpost|Banda Aceh- Jika kita ingin menjadi seseorang yang sukses, kita butuh yang namanya proses. Seorang sastrawan hebat tidak serta merta menjadi hebat dalam waktu singkat, dia harus mengikuti banyak proses, terus belajar dan memiliki karakter.

Pernyataan di atas disampaikan oleh Nazar Shah Alam, Penyair sekaligus Vokalis Apache 13 dalam Bincang-bincang Kreatif bertema “Memberkahi Usia dengan Berkarya” di Library Coffee, UPT Perpustakaan Universitas Syiah Kuala, Minggu (9/12/2018).

“Tidak ada yang bisa membuatkan kita menjadi hebat kecuali keteguhan hati kita. Tidak ada seorang pun bisa mencapai titik tertinggi dari pencapaiannya jika dia berhenti hanya karena menerima terpaan, cacian dan makian,” tegasnya.

Nazar juga meminta para calon sastrawan hebat untuk jangan pernah patah semangat karena dikritisi orang lain.

“Jangan merasa kalian bukan apa-apa! Karena kita semua spesial. Orang yang berhasil ialah orang yang terus belajar. Meskipun kita berada di langit hati kita harus tetap membumi,” tambahnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Rismawati, Dosen Sastra dan Penulis Gerakan Literasi Nasional (GLN).

“Jika kita ingin berkarya, kita harus siap jika karya kita dicaci maki. Orang yang sukses dan berhasil di akhir ialah mereka yang siap menerima kritikan dan saran. Siap menjadi besar tentu siap dengan terpaan yang lebih keras, karena hidup kita, kita sendiri yang menentukan bukan orang lain,” ucapnya.

Kegiatan ini merupakan perayaan satu tahun berkarya Komunitas Aneuk Sastra Tanah Aceh (KASTA). KASTA merupakan komunitas satra yang didirikan oleh Ricky Syah R, founder sekaligus Presiden KASTA pada tahun 2017. [rsk]

Nur Afni

Mungkin Anda Menyukai