Anggota PMI UIN Latihan SAR

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sebanyak 25 anggota baru Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) unit 02 UIN Ar-Raniry mengikuti pelatihan Search and Rescue (SAR) darat dan air di Waduk Blang Karam, Kabupaten Aceh Besar.

Pelatihan yang berlangsung pada 12-16 Desember 2018 ini bertujuan untuk memberi pengetahuan dan melatih anggota baru dalam melakukan pencarian dan penyelamatan korban dalam sebuah bencana, seperti banjir, longsor, dan lainnya.

Komandan KSR PMI unit 02 UIN Ar-Raniry, Muhammad Akbar mengatakan, selama pelatihan, peserta akan dibekali berbagai materi seperti navigasi, teknik rapling, mareri dan praktek survival di hutan, pertolongan pertama, dan water rescue.

“Di pelatihan SAR ini kita juga praktek langsung. Jadi mereka (peserta) bisa mengerti cara menggunakan alat dan aplikasinya d lapangan. Karena kita buat d waduk, mereka juga praktek langsung cara menyelamatkan korban tenggelam,” kata Akbar, Jumat (14/12/2018).

Ia mengatakan, Aceh sebagai daerah rawan bencana membutuhkan banyak tenaga yang siap membantu saat bencana tiba. Karena itu, diharapkan para peserta SAR darat dan air ini mampu memahami materi dan aplikasi di lapangan sehingga secara mental siap diterjurkan saat bencana tiba.

Sebanyak 25 peserta yang mengikuti SAR darat dan air merupakan mahasiswa UIN Ar-Raniry dari berbagai jurusan. Sebelum mengikuti SAR, mereka sudah dibekali pengetahuan medis dasar pada Diklatsar.[]

Abdul Hadi Firsawan

Mungkin Anda Menyukai