Earth Hour Aceh 2019: Kampanye Hemat Listrik dan Jaga Satwa

Sumberpost | Banda Aceh – Lintas Komunitas di Aceh memperingati Earth Hour 2019 di Balai Kota Banda Aceh, Sabtu, (30/3/2019).

Mereka mengadakan aksi berupa mematikan lampu dan listrik tidak terpakai secara sukarela selama satu jam dari pukul 9 hingga 10 malam. Kegiatan serentak dilakukan di seluruh dunia pada tanggal 30 Maret.

Ini adalah tahun kedelapan Earth Hour diadakan di Aceh, khususnya di Kota Banda Aceh.

Koordinator Earth Hour 2019, Nurul Faizah mengatakan, gerakan Earth Hour bukanlah hanya mematikan lampu, tetapi juga mengajak masyarakat untuk peduli dengan sampah dan satwa. Gerakan ini pernah melaksanakan clean up di tempat wisata Lhok Mata Ie dan pelepasan 75 tukik di Lhoknga beberapa pekan lalu.

“Earth Hour mengajak masyarakat semakin peka dengan isu-isu lingkungan. Perlu perhatian khusus dari semua manusia untuk terus menjaga keseimbangan ekosistem di darat dan di laut, meminimalisir penggunaan sampah plastik, reboisasi dan pastinya bijak dalam penggunaan energi (listrik),” ujarnya.

Tahun ini Earth Hour Aceh juga menobatkan bapak H. Aminullah usman dan Rahmah Noviyanti sebagai Duta Earth Hour 2019 yang akan terus membantu menyebarkan semangat kepeduliannya terhadap bumi.

Aksi seperti ini diharapkan dapat terus terlaksana sebagai momentum penghematan energi listrik. Aksi serupa juga diadakan di 32 kota/kabupaten di Indonesia dan 175 negara di dunia secara serentak menyesuaikan waktu di lokasi masing-masing daerah. [Rel]