Prodi Komunikasi Penyiaran Islam UIN Gelar Klinik Jurnalistik II

Sumberpost.com | Banda Aceh – Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) UIN Ar-Raniry menggelar Klinik Jurnalistik Angkatan II di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi  (FDK) UIN Ar-Raniry, Selasa (13/4/2019) pagi.

Pelatihan ini diisi oleh dua pemateri yaitu Arif Ramdan, wartawan senior yang juga dosen pada Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIN Ar-Raniry dan Davi Abdullah, Jurnalis Kompas TV.

Dalam kegiatan ini, Arif memandu praktik penulisan berita, artikel, dan penulisan opini. Sementara Davi, akan memberikan materi seputar jurnalistik televisi pada pertemuan selanjutnya.

Ketua Prodi KPI, Hendra Syahputra dalam sambutannya mengatakan, pelatihan ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mendalami ilmu jurnalistik.

“Dengan adanya klinik jurnalistik ini diharapkan dapat melahirkan jurnalis-jurnalis andal,” harapnya.

Hendra juga memberikan motivasi kepada para peserta klinik jurnalistik. Menurutnya, semua peserta akan mendapatakan materi jurnalistik dasar seperti menulis berita, artikel, dan menulis feature.

“Semua harus belajar materi jurnalistik meskipun nanti masing-masing peserta memilih keahlian tertentu,” katanya.

Klinik Jurnalistik II diikuti oleh 50 mahasiswa dan didukung oleh beberapa media partner seperti Sumberpost, Serambi Indonesia, Kompas TV, Wasatha.com, Acehsatu.com, Radio Komunitas Assalam dan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Aceh.

Salah seorang peserta, Fakhrul Razi mengaku sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi saya karena dapat menambah ilmu dan wawasan tentang dunia jurnalistik,” katanya.

Sementara itu, Merza, mahasiswa FISIP Unsyiah mengatakan, keikutsertaannya dalam klinik tersebut untuk belajar ilmu jurnalistik.

“Saya ingin berlajar menulis, dengan belajar disini saya bisa mengembangkan bakat sebagai jurnalis,” kata Merza.

Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama, juga dimonitoring langsung oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakhri. [rel]