Beasiswa ADS Untuk IAIN Ar-Raniry

Kedutaan pemerintah Australia memilih kampus IAIN Ar-Raniry sebagai perguruan tinggi pertama yang menerima persentasi terkait Australian Development Scholarship (ADS).  Persentasi tersebut berlangsung di ruang kuliah Pasca Sarjana IAIN Ar-Raniry, Darussalam Banda Aceh (18/12). Beasiswa tersebut dalam rangka menjalin kerjasama antara Australian Corner Aceh (ACA) dan IAIN Ar-Raniry.

“ Program beasiswa ADS ini sudah ada setiap tahunya,  pada Tahun ini, Indonesia memiliki wilayah prioritas untuk mendapatkan beasiswa tersebut.  Jadi, kami memiliki wiliayah prioritas yaitu Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Banda Aceh” ujar Yuli selaku perwakilan dari Kedutaan Australia.

ADS adalah salah satu program beasiswa penuh dari pemerintah Australia yang diperuntukkan bagi mahasiswa internasional untuk melanjutkan studinya di Australia. Dalam persentasi tersebut dijelaskan beberapa syarat, baik syarat seperti Warga Negara Indonesia dan juga syarat dokumen. “yang paling penting harus diingat adalah kelengkapan syarat dokumen, jika salah satu dokumen tersebut kurang, maka akan langsung kami diskualifikasi” Ujar Adit pemberi materi persentasi beasiswa ADS tersebut.

Terkait  jurusan di IAIN Ar-Raniry  didominasi dengan pendidikan agama ADS juga menyediakan studi tentang Islamic Study Development. Jadi, mahasiswa IAIN jangan kawatir dengan beberapa jurusan yang terfokus pada Agama tersebut.  Kami menyediakan jurusan yang sesuai dengan bidang masing-masing. Tambah Yuli.

Selain ADS adapula Beasiswa Australian Leadership Award (ALA) dan Endeavour Postgraduate Awards (EPA). uuntuk beasiswa ADS, pendaftaran di buka pada bulan Maret 2103 hingga Agustus 2013 sedangkan ALA dan EPA di buka pada bulan April 2013 hingga bulan Juni 2013 bagi mahasiswa yang ingin tau lebih lanjut, Yuli menyarankan agar membuka situs http://crocos.deewr.gov.au

Terdapat perbedaan antara ketiga beasiswa tersebut. beasiswa ADS sudah diklarifikasikan jurusan dan universitas yang tetera pada situs resmi Australia sedangkan ALA dan EPA, mahasiswa dapat memilih semua jurusan dan perguruan tinggi disana dan sudah dinyatakan lulus pada universitas yang ada di Australia. selanjutnya beasiswa akan ditanggung penuh oleh pemerintah Australia. Tegasnya.

“Semoga dapat memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa IAIN Ar-Raniry untuk melanjutkan studi ke Australia, tentunya dengan standar dan syarat yang tealh ditetapkan” Ujar Nashi M. Hum kepala Biro IAIN [Eka]

Editor : Mina

About the Author

has written 113 posts on this blog.

Copyright © 2014 Sumberpost. All rights reserved.
Powered by Sumber Post