Jembatani Aspirasi Mahasiswa, DEMA FSH Adakan Mimbar Bebas

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakutas Syariah dan Hukum (FSH) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh memberikan kesempatan mahasiswa untuk menyalurkan aspirasi dan kritikan melalui mimbar bebas, Senin (27/5/2024).

Furqan selaku ketua DEMA FSH menjelaskan tujuan dari kegiatan mimbar bebas ini adalah untuk menampung aspirasi mahasiswa, karena selama ini semua keresahan di dalam kampus tidak ada yang mewadahi. Furqan mengakui bahwasanya telah mengundang Wakil Dekan (Wadek) III dan seluruh ketua Program Studi (Prodi) untuk berhadir di mimbar bebas ini, tetapi tidak dihadiri tanpa alasan yang diketahui. Ia juga memastikan surat undangan telah dikirimkan 5 hari sebelum acara mimbar bebas dilaksanakan.

“Saya harap dari kegiatan ini dapat membantu para mahasiswa sepenuhnya untuk menyuarakan aspirasinya,” jelas Furqan.

“Poin-poin yang disampaikan akan kami catat. Kemudian akan kami serahkan pada kajian propaganda DEMA FSH. Setelah itu akan kami naikkan rilis dan kami sampaikan ke pimpinan,” lanjut Furqan.

Furqan mengatakan bahwa tahun ini belum ada tuntutan mahasiswa yang di proses, namun mimbar bebas ini memantik mahasiswa untuk berani menyuarakan kritikan dan aspirasinya.

Pada kesempatan ini, Said Al Fath selaku  ketua umum Komunitas Peradilan Semu (KPS) menyampaikan pandangannya terhadap mimbar bebas ini. Ia mengatakan kegiatan tersebut sangat positif dan harusnya didukung oleh tiap tiap ketua prodi terutama pimpinan FSH.

“Kegiatan ini sangat positif untuk diikuti mahasiswa dan didukung penuh oleh ketua prodi terutama pimpinan FSH,” kata Said.

Mimbar bebas sendiri merupakan program yang telah dilaksanakan sejak masa kepemimpinan DEMA FSH tahun lalu dan dilanjutkan lagi di tahun ini karena dinilai efesien. Dalam bimbar bebas ini setiap mahasiswa bebas menyuarakan keresahan dan kritikan mereka. []

Reporter : Rauzatul Jannah

Editor : Anzelia Anggrahini