Menumbuhkan Tunas Jurnalistik, KPI Adakan Pelatihan Wartawan Cilik di SDN 72 Banda Aceh

Sumberpost.com | Banda Aceh – Program Studi (Prodi) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh mengadakan pelatihan Wartawan Cilik di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 72 Banda Aceh. Kamis, (30/05/2024).

Pelatihan ini merupakan pengabdian Prodi KPI kepada masyarakat setempat. Dengan mengangkat tema ‘Melek Media : Pelatihan Peningkatan Kemampuan Menjadi Wartawan Cilik (Upaya Pengenalan Media Massa Pada Anak-Anak) di SDN 72 Banda Aceh’. Pengabdian ini dilakukan selama 2 hari berturut-turut.

Hanifah Nurdin, Selaku Dosen KPI UIN Ar-raniry dan juga anggota peneliti dalam pengabdian masyarakat mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan ini untuk memperkenalkan dunia jurnalistik kepada siswa siswi  serta melatih mereka mengenal isu dari kejadian-kejadian sehari-hari dan lingkungan terdekat.

“Jadi dari pelatihan ini adik adik SDN 72 Banda Aceh bisa mengenal bagaimana dasar dasar cara menulis sebuah berita,” Ucap Hanifah.

Lanjutnya, ia juga menanggapi terkait antusias para siswa siswi SDN 72 Banda Aceh, yang mana mereka memperhatikan pemateri secara serius dan aktif dalam bertanya . Di sesi penugasan untuk menulis sebuah berita singkat yang diberikan oleh pemateri, mereka sudah mampu menuliskannya dengan baik.

“ Dari mereka itu, mampu menuliskan bahasa-bahasa berita dengan bagus, walaupun hanya dilakukan dengan waktu yang singkat,” Jelas Hanifah.

Ia mengharapkan dari pelatihan ini adalah siswa siswi SDN 72 Banda Aceh memiliki wawasan terkait dunia jurnalistik, tanggap, jeli, dan teliti akan isu permasalahan disekitar mereka, sehingga mereka dapat menginformasikannya kepada masyarakat di lingkungannya masing-masing.

“ Saya harap mereka bisa terus belajar, mau mengembangkan bakat mereka dan mungkin ada pelatihan pelatihan selanjutnya, mereka bisa mengikuti pelatihan lagi, atau setidaknya mereka punya pengetahuan dasar terhadap dunia jurnalis,” Harap Hanifah.

Syarifah Hasanatun Munawarah, selaku Kepala Sekolah SDN 72 Banda Aceh mengatakan kegiatan ini sangat bagus untuk siswa siswi kami. Ia juga mengatakan bahwa anak-anak itu sangat suka kegiatan eksul ataupun kegiatan yang berbasis praktek.

“Jadi, dengan adanya program pelatihan kemarin itu sangat bagus ya, anak-anak kami jadi tau bagaimana jadi wartawan dan mengetahui cara membuat berita, itu sudah paham,” Kata Syarifah.

Selanjutnya ia juga bersyukur sebagai kepala sekolah karena adanya program wartawan cilik ini dapat menyentuh wawasan siswa siswi SDN 72 Banda Aceh. Seperti hal-hal diluar pengetahuan mereka, contohnya kewartawanan itu tadi.

“ Saya sebagai kepala sekolah mengucapkan terima kasih, karena ada program program seperti ini. Jadi dapat membuka wawasan bagaiamana menjadi wartawan yang baik,” Ujar Syarifah.

Lanjutnya, ia mengharapkan kegiatan ini tidak berhenti sampai disini, ketika para siswa siswi sudah memahami  tentang kewartawanan itu, pihak mahasiswa ataupun dari pihak lainnya untuk menindaklanjuti pelatihan kewartawanan ini.

“ Saya harap kedepannya bisa dibuat sebuah perlombaan seperti antar kelas atau sekolah, jadi anak-anak semakin termotivasi.  Dan saya berharap juga kedepannya pelatihan ini dapat dirasakan oleh kelas kelas lainnya, jadi tidak hanya di kelas 5 saja, akan tetapi dikelas lainnya,” Lanjutnya.

“Kami  juga ada program literasi di setiap sabtunya, mungkin nanti di setiap sabtu akan kami coba anak-anak yang sudah mampu menulis berita, yang kemarin ada 3 orang ya, akan coba kami tampilkan. Setidaknya mereka dapat membuka pemahaman bagi anak-anak yang lain,” Pungkas Syarifah [Rel]