Tumbuhkan Rasa Empati, Communication Care buka Jalan Menuju Perubahan Positif

Sumberpost.com | Banda Aceh – Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh menggelar kembali kegiatan Comunication Care ke IV di Desa Panca kubu, Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh besar, kamis,  (31/05/2024). Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari (30-31 Mei 2024) dengan tema ‘Bersama Untuk Berbagi, Aksi Komunikasi Mencerahkan Literasi’.

Comunication Care digelar kembali karena kegiatan sebelumnya berhasil mendapatkan dampak besar yaitu berupa perubahan jalan menuju Desa Panca Kubu yang sebelumnya sangat susah di lalui kini telah di aspal. kegiatan ini bertujuan meningkatkan daya minat anak anak akan penting nya pendidikan dan berbahasa sopan seperti maaf, tolong dan terimakasih yang sering terlupakan pada masa sekarang.

Kepanitian Comunication Care mengadakan kegiatan bimbingan atau les harian, bermusyawarah dengan masyarakat,  Kegiatan belajar mengajar siswa siswi Sekolah Dasar (SD) dan Gotong Royong. HMP KPI juga menyumbangkan bantuan berupa buku buku yang menunjang fasilitas di balee’  tempat les mereka.

Suaibah Rahman atau akrab di panggil umi oleh anak anak mengatakan, kegiatan les di laksanakan 2 hari dalam seminggu yaitu pada hari rabu dan kamis yang di mulai pada jam 15.00 WIB sampai dengan selesai.

“Jumlah ideal nya anak anak yang mengikuti les sekitar 30-40 orang, tapi di saat tertentu hanya 15-20 orang, karena beberapa pulang ke kampung halamannya masing-masing,” Kata Suaibah.

 Menurut masyarakat setempat  Desa Panca kubu kini hanya terdapat 75 Kartu Keluarga. Sebelumnya tempat ibadah yang kami gunakan hanya masjid kecil yang berdiri sebelum konflik, akan tetapi alhamdulillah sekarang sudah ada masjid baru yang di bangun pemerintah.

Maya Sari, selaku perangat desa atau keuchik dari Desa Panca Kubu memberikan harapannya, agar  masyarakat dapat membantu perkembangan desa dan bisa mempublikasikan apa yang di butuhkan. Ia juga berharap agar anak anak mendapatkan bimbingan terutama pendidikan [Rel]