Terpilih sebagai Ketua SEMA UIN Ar-Raniry 2024-2025, Raju Siap Perjuangkan Hak Mahasiswa

Sumberpost.com | Banda Aceh – Rajulul Azka, ketua SEMA UIN Ar-Raniry terpilih periode 2024-2025. Ia merupakan mahasiswa angakatan 2020, Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Sebagai mahasiswa semester 8 dan tentunya mendekati detik detik kelulusan. Raju mengungkapkan tak keberatan jika terlambat lulus kuliah demi menyelesaikan tanggungjawabnya sebagai ketua Senat Mahasiswa (SEMA).

Raju mengungkapkan alasannya menjadi ketua Senat Mahasiswa (SEMA) karena ingin melanjutkan estafet kepemimpinan dan ingin memperjuangkan hak-hak mahasiswa.


“Ingin melanjutkan estafet kepemimpinan yang sebelumnya pernah jadi ketua himpunan. Ingin memperjuangkan hak-hak mahasiswa yang belum bisa ia perjuangkan saat menjabat ketua himpunan dahulu,” katanya.

Untuk memulai kepemimpinannya, Raju mengungkapkan akan mengevaluasi program-program dari kepemimpinan sebelumnya, kemudian mempertimbangakan dampak baiknya bagi internal maupun eksternal. Apabila dirasa masih relevan tentu akan dilanjutkan dengan inovasi inovasi terbaru. Raju juga mengatakan akan berfokus pada pengembangan sumber daya internal.

“Seperti kegiatan pelatihan administrasi bagi sekretaris seluruh Ormawa, dan bagaian desain/kominfo setiap organisasi mahasiswa (Ormawa) dalam lingkup UIN Ar-Raniry. Insyaallah dalam waktu dekat saya akan membangun koordanasi dan komunikasi dengan ketua-ketua Senat di seluruh fakultas. Dan mendata ulang anggota perwakilan dari setiap prodi,” jelasnya.

Ia juga mempunyai harapan besar dalam masa kepemimpinanya, ia berharap bisa melanjutkan dan meningkatkan program yang sudah ada. Ia juga berharap dapat memberikan dedikasi terbaiknya dalam mewakilis aspirasi dan memperjuangkan hak hak mahasiswa.

“Tentunya juga dapat bersinergi dengan lembaga kemahasiswaan dan civitas akademika dalam mewujudkan UIN Ar-Raniry lebih maju,” tutupnya.

Disisin lain, Teguh Diansyah Mudawali selaku ketua Senat Mahasiswa (SEMA) mengungkapkan Raju berpotensi untuk membawa perubahan yang lebih untuk senat mahasiswa (SEMA).

“Nilai tambah bagi kami adalah Raju pernah menjadi ketua himpunan Pendidikan Bahasa Arab (PBA), artinya pengalamannya saat disana dinilai berpotensi,” ujar Teguh.

Dalam masa kepemimpinanya, Teguh telah menyukseskan program unggulan yang telah direncanakan sejak rapat kerja pertama.

“Salah satu program unggulan kami yaitu training legislatif mahasiswa tingkat nasional yang telah direalisasikan bulan 10 tahun 2023,” pungkasnya. []

Reporter: Rauzatul Jannah