Sanggar Seni Seulaweuet UIN Ar-Raniry Raih Juara Kontingen Terbaik di VARIASI ke 6

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sanggar Seni Seulaweuet Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry menorehkan prestasi membanggakan sebagai Kontingen Terbaik pada acara Festival Tari Mahasiswa Nasional (VARIASI) ke 6 tahun 2024. Acara ini diikuti oleh berbagai Lembaga kesenian kampus non institusi kesenian se- Indonesia yang telah melewati seleksi kurasi oleh panitia penyelenggara yang diselenggarakan oleh Sanggar Seni Universitas Cokroaminoto Palopo, Sulawesi Selatan, berlangsung dari tanggal 27 Mei – 2 Juni 2024.

Ketua Umum Sanggar Seni Seulaweuet Hafidh Aiman, mengatakan Sanggar Seni Seulaweuet mendapatkan juara kategori Kontingen Terbaik di VARIASI ke-6.

“Alhamdulillah kita mendapat juara sebagai Kontingen Terbaik di VARIASI ke 6 tahun ini,” ucap Ketua Umum Sanggar Seni Seulaweuet Hafidh Aiman kepada RRI, Selasa (4/6/2024).

Hafidh mengatakan pencapaian itu juga dapat diraih atas kerja keras semua anggota. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung.

“Ini adalah hasil kerja keras dan dedikasi semua anggota sanggar. Kami sangat bersyukur atas pencapaian ini. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kami,” ujarnya.

Ia menambahkan Sanggar Seni Seulaweuet menampilkan Tarian Saman Gayo dan juga mengikuti lomba Tarian Kreasi dengan tema Tarian Legenda dengan tema kisah Amat Rhang Manyang.

“Kami juga mengikuti perlombaan yang diikuti oleh empat peserta yaitu lomba tarian Legenda, yakni tarian kreasi yang mengangkat cerita legenda dari daerah masing-masing. Kami sendiri membawakan tari dengan tema kisah Amat Rhang Manyang,” tambahnya.

Adapun untuk kegiatan VARIASI ke 7 selanjutnya akan diadakan pada tahun 2026 di Aceh. Tentunya dalam hal ini mereka akan fokus mempersiapkan untuk kegiatan VARIASI selanjutnya mulai dari tahapan administrasi, regulasi hingga lainnya.

“Selesai acara tersebut, diadakan rapat untuk penunjukan tuan rumah VARIASI ke 7 dan Aceh yang terpilih. Mulai dari saat ini tentu kami akan mencoba fokus untuk persiapan, dari segi administrasi, regulasi dan lainnya, serta besar harapan agar acaranya diselenggarakan di UIN Ar-Raniry Banda Aceh,” tutup Hafidh.

Untuk diketahui lembaga seni kampus yang pernah bertindak sebagai pelaksana kegiatan VARIASI yaitu:

  1. UKM Seni Universitas Negeri Makassar, 2013
  2. Unit Kegiatan Seni Universitas Andalas Padang, 2014
  3. UKM Harmoni Universitas Sriwijaya Palembang, 2016
  4. UKMF Kesenian Jantung Teater Fakultas Hukum Universitas Jember, 2018
  5. UKM Seni Dan Budaya Talas Universitas Muhammadiya Makassar, 2019
  6. Sanggar Seni Universitas Cokroaminoto Palopo Sulawesi Selatan, 2024. [Rel]