Tenda Tensi Regio Aceh Sapa Warga Blang Padang, Ada Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Sumberpost.com | Banda Aceh – Perhimpunan Tim Bantuan Medis Mahasiswa Kedokteran Indonesia (PTBMMKI) menginisiasi Tenda Tensi Regio Aceh. Kegiatan ini dilakukan dalam upaya meningkatkan kesadaran akan kesehatan masyarakat, yang diadakan oleh Tim Bantuan Medis (TBM) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Syiah Kuala (USK), TBM Niskala Universitas Abulyatama (UNAYA), dan TBM Iset. Acara ini menyediakan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat, dengan target 50 orang dan dilaksanakan di Blang Padang, Sabtu (8/6/2024).

Ketua Bidang 3 TBM FK USK, Fazli Rizki Nanda mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan informasi terkait pentingnya memantau kesehatan secara rutin untuk mencegah penyakit-penyakit tertentu.

“Tujuan acara ini adalah memberikan informasi tentang pentingnya memantau kesehatan secara rutin untuk mencegah penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, dan asam urat. Selain itu, juga untuk mendeteksi masalah kesehatan dini agar tindakan pengobatan dapat dilakukan lebih awal, serta memberikan edukasi tentang gaya hidup sehat termasuk diet seimbang, olahraga teratur, dan pengelolaan stres. Kami berharap dengan memberikan layanan kesehatan gratis, masyarakat dapat lebih peduli terhadap kesehatan mereka sendiri,” ujar Fazli Rizki Nanda.

Salah satu warga yang mengikuti pemeriksaan, Aisyah (33), mengatakan, pemeriksaan gratis ini sangat membantu untuk mengetahui kondisi kesehatannya.

“Saya sangat bersyukur atas adanya acara ini. Saya tidak memiliki akses mudah ke layanan kesehatan, dan pemeriksaan gratis ini sangat membantu saya untuk mengetahui kondisi kesehatan saya,” kata Aisyah.

Selain itu, Zainal (42), juga menyampaikan kesan positifnya, dan beharap kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan untuk kebaikan bersama.

“Saya terkesan dengan kepedulian pihak penyelenggara acara terhadap kesehatan masyarakat. Semoga kegiatan semacam ini bisa terus dilakukan untuk kebaikan bersama,” ujarnya.

Direktur TBM Niskala UNAYA, Em Brypo Baginda, berharap dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan. Karena hal ini dapat mencegah lebih banyak lagi penyakit yang dapat dicegah melalui deteksi dini, dan menjadikan masyarakat lebih sehat dan produktif secara keseluruhan

“Saya berharap bahwa setelah acara tenda tensi gratis ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan meningkat dan makin peduli akan kesehatan dirinya sendiri. Semoga lebih banyak lagi acara sejenis dapat diselenggarakan secara berkala untuk membantu masyarakat dalam memantau kesehatan mereka secara rutin. Dengan demikian, kita dapat mencegah lebih banyak lagi penyakit yang dapat dicegah melalui deteksi dini, dan menjadikan masyarakat lebih sehat dan produktif secara keseluruhan,” ungkapnya dengan penuh semangat.

Pemeriksaan yang tersedia di acara ini mencakup pemeriksaan tekanan darah dan suhu tubuh, serta pemeriksaan gula darah, asam urat, dan kolesterol. Masyarakat yang hadir diundang untuk memanfaatkan kesempatan ini guna memeriksa kondisi kesehatan mereka secara menyeluruh tanpa biaya. [Rel]