Tetap di Banda Aceh Saat Idul Adha, Ikatan Mahasiswa Padang Lakukan Makan Bersama

Sumberpost.com | Banda Aceh – Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh mengadakan acara kumpul dan makan bersama setelah menunaikan shalat Idul Adha 1445 H di Lapangan Tugu Darussalam, Banda Aceh, Senin, (17/06/2024).


Acara silaturrahmi ini dilakukan oleh mahasiswa UIN Ar-Raniry yang berasal dari perantauan Sumatera Barat. Tujuan dari acara ini untuk mempererat silaturrahmi dan senantiasa tetap merasakan kehangatan kekeluargaan melalui perkumpulan tersebut. Ini juga merupakan suatu momentum penting karena sebagian dari mereka tidak bisa pulang ke kampung halaman masing-masing.


Muhammad Rasyid, mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) UIN Ar-Raniry menyampaikan, dengan adanya acara silaturrahmi ini bisa mengetahui keadaan saudara Minang lainnya yang sudah lama tidak berjumpa karena perkuliahan. Di sisi lain mereka juga bisa dengan bebas berbahasa minang, sehingga seperti tidak merasakan sensasi sedang merayakan Idul Adha di perantauan.


“Perkumpulan anak rantau terutama anak Minang sangat penting dilakukan disisi lain dapat mempererat tali persaudaraan, juga dapat mengetahui keadaan satu sama lain dan di usahakan kedepannya agar lebih sering dibuat kegiatan seperti ini karena dampak positif nya cukup banyak salah satu nya dapat melepas rasa rindu dengan kampung halaman karena bisa berbahasa bertutur kata dengan bahasa kampung halamannya, dan di tambah lagi di Minangkabau budaya persaudaraan itu sangat lah kental dimana pun kan pun asalkan orang orang minang itu adalah dunsanak, ” ujar Rasyid.


Fatimah Chairil, salah satu mahasiswi UIN Ar-Raniry Prodi PAI asal Bukittinggi mengatakan, ia juga senang akan adanya acaranya ini, karena ia tetap dapat merasakan kehangatan keluarga melalui perkumpulan anak Minang.


“Alhamdulillah mendapatkan kesempatan berkumpul kembali dengan keluarga mahasiswa asal Minang, Momentum ini penting kita adakan bagi mahasiswa asal Minang yang tidak berkesempatan pulang ke kampung halaman, karena dengan adanya silaturahmi ini, kami semua merasakan kebersamaan yang harusnya didapatkan di kampung yaitu kebersamaan menyemarakkan Idul Adha bersama keluarga, ini juga momentum yang sangat ditunggu-tunggu ketika lebaran jika tidak balik kampung, dan saya bersyukur hal itu kembali hadir tahun ini ketika kita para mahasiswa Minang berlebaran di tanah rantau,” kata Fatimah.


Lanjutnya, Fatimah menyampaikan harapan kedepannya kepada seluruh mahasiswa rantau Minang yang berkuliah di UIN Ar-Raniry agar senantiasa tetap solid dan ia juga berterima kasih kepada kakak serta abang yang telah mengayomi dan merealisasikan acara tersebut.


“Saya berharap jalinan silaturahmi dan agenda-agenda kebersamaan ini bisa terus rutin diadakan agar kekeluargaan mahasiswa asal Minang satu sama lain bisa lebih erat dan solid lagi kedepannya dan saya sangat berterimakasih kepada Uda Uni yang telah menginisiasikan agenda kumpul bersama ini dan saya juga berterimakasih kepada seluruh adik-adik , teman-teman semua yang ikut serta dalam agenda silaturahmi keluarga Minang UIN Ar-Raniry ini, ” pungkasnya []

Reporter : Fatimah Azzahra

Editor : Anzelia Anggrahini