Mahasiswa HTN UIN Ar-Raniry Raih Juara 2 di FEC FPIK UTU 2024

Sumberpost.com | Banda Aceh – Rangga Pratama dan Hijriannur Akhyar, 2 orang Mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Hukum Tata Negara (HTN) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan meraih juara kedua dalam ajang bergengsi, Fisheries Essay Competition (FEC), Pekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) di Universitas Teuku Umar (UTU) 2024, Kamis,(20/06/2024).

Kompetisi yang mengusung tema ‘Peran Mahasiswa sebagai Agent of Change Menuju Sustainable Maritime’ ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) Jurusan Perikanan FPIK UTU, Meulaboh, Aceh Barat. Acara yang berlangsung di Aula Cut Meutia pada Kamis, 13 Juni 2024 itu, diikuti oleh sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi se-Aceh, termasuk Mahasiswa UIN Ar-Raniry dan Mahasiswa UTU.

FEC tersebut merupakan ajang kompetisi esai antar tim yang beranggotakan 2 hingga 3 orang mahasiswa. Kegiatan itu bertujuan untuk menekankan peran penting mahasiswa dalam mengadvokasi keberlanjutan maritim. Dalam hal ini, Rangga Pratama dan Hijriannur Akhyar tidak hanya mengharumkan nama almamater mereka, tetapi juga membawa pulang hadiah sebesar Rp 600.000,- (enam ratus ribu rupiah). Ajang yang diikuti oleh sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi tersebut menjadi medan bagi para peserta untuk menunjukkan pemahaman dan kreativitas mereka dalam bidang perikanan.

Kompetisi ini tidak hanya bertujuan untuk menguji pengetahuan para peserta dalam bidang perikanan, tetapi juga untuk mengasah kemampuan menulis esai yang kritis dan kreatif. Para pemenang diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk berpartisipasi aktif dalam berbagai kompetisi akademik dan terus mengembangkan kemampuan mereka.

Husni A. Jalil, selaku sekretaris Prodi HTN FSH UIN Ar-Raniry, mengungkapkan rasa syukur dan bangga kepada mahasiswa yang berjuang keras dan mengharumkan nama kampus biru dengan karya mereka. Ia juga berharap prestasi tersebut dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi di berbagai bidang.

“Ini merupakan pencapaian yang sangat membanggakan, baik bagi Rangga dan Hijriannur Akhyar pribadi maupun bagi kami di Prodi Hukum Tata Negara,” ujar Husni A. Jalil.

Dalam ajang ini, juara pertama diraih oleh Genta Abiem Alfarizi dan Arya Gading Harahap, dari UTU. Posisi kedua diraih oleh Rangga Pratama dan Hijriannur Akhyar dari UIN Ar-Raniry, sedangkan posisi ketiga diraih oleh Adelia Intan Nasution dan Aulya Fazira juga dari UTU. Prestasi Rangga Pratama dan Hijriannur Akhyar tersebut menjadi bukti bahwa mahasiswa dari berbagai latar belakang studi dapat bersaing dan berprestasi dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, termasuk perikanan [Rel]