UIN Ar-Raniry Sediakan Fasilitas dan Pendampingan Khusus Bagi Peserta UM-PTKIN Difabel

Sumberpost.com | Banda Aceh – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh menyediakan pelayanan sekaligus pendampingan khusus bagi peserta difabel pada Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), Senin, (24/06/2024).

Pelayanan ini sudah berlangsung dari tahun-tahun sebelumnya, hal ini di tuturkan langsung oleh Prof Mujiburrahman, selaku rektor UIN Ar-Raniry, Banda Aceh. Mujiburrahman mengatakan, ketika ada pelamar yang memiliki kebutuhan khusus tentunya akan dilayani secara khusus dan disertakan pendampingan, sehingga peserta dapat melaksanakan ujian secara maksimal.

“Kebetulan pada tahun ini ada dua orang peserta ujian difabel, yaitu tunanetra dan autisme,” kata Mujiburrahman.

Kemudian, Mujiburrahman juga mengatakan bahwasannya soal ujian yang diberikan tetap sama dengan peserta UM-PTKIN lainnya. namun pelaksanaan ujian peserta difabel dilakukan pada ruang khusus dan terpisah dari peserta lainya.

“Soal ujiannya tetap sama, hanya saja peserta tunanetra soal ujiannya dibacakan oleh pendamping khusus. Karena secara nasional belum tersedia aplikasi secara khusus. Mungkin kedepanya jika semakin banyak peserta difabel yang mengikuti ujian akan dibuatkan aplikasi khusus secara nasional,” ungkapnya.

Disisi lain, Muhammad Rizki Aulia salah satu peserta UM-PTKIN difabel mengatakan ujiannya berlangsung sangat lancar.

“Ujiannya lancar, soalnya tidak susah,” kata Rizki Aulia.

Kemudian, Mira Fauzia selaku pendamping khusus peserta difabel mengatakan telah mendapatkan pengarahan saat rapat jauh hari sebelum UM-PTKIN dilaksanakan.

“Jadi tadi saya mengikuti arahan-arahan panitia dan Alhamdulillah ujiannya lancar dan tidak ada masalah,” pungkas Mira. []

Reporter: Rauzatul Jannah
Editor: Anzelia Anggrahini