Begini Penjelasan Daftar Ulang Pembayaran UKT MABA 2024,  Jangan Sampai Salah Paham!

Sumberpost.com | Banda Aceh – Postingan jadwal pendaftaran ulang pada akun media sosial Instagram Admisi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (UINAR) banyak menimbulkan kesalahpahaman di kalangan Mahasiswa Baru (MABA) 2024. Beberapa MABA tidak mengetahui informasi ataupun jadwal penting yang diberikan oleh pihak UINAR secara keseluruhan, hal inilah yang banyak menimbulkan kesalahpahaman MABA UINAR 2024, Kamis, (27/06/2024).

Seperti salah satu MABA 2024, Naura yang mengalami kesalahpahaman terhadap pengumuman pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang telah di posting Admisi UINAR pada akun media sosial Instagram.

“ Saya kira 27 juni terakhir pembayaran UKT, tetapi nomor invoice saya belum keluar,” ujar Naura.

Menindak Lanjuti Kesalahpahaman Di Kalangan MABA, Muammar Yulian selaku ketua Admisi menjelaskan, tanggal 16 sampai 27 juni itu batas MABA 2024 mengunggah dokumen yang perlu di isi, bukan batas pembayaran UKT. Kemudian pada tanggal 24 juni sampai dengan 2 juli, tim verifikator beraksi untuk menyeleksi dan mempertimbangkan nominal UKT  yang di tanggung oleh MABA berdasarkan data yang di isi oleh mahasiswa itu sendiri.

“Pengumuman nominal UKT akan diterima oleh MABA mulai tanggal 2-5 juli 2024, kemudian pembayaran UKT berlaku dari tanggal 3-15 juli 2024,” jelas Muammar.

Dalam hal ini, Muammar juga menyertakan alasan mengapa dibutuhkan verifikator untuk menyeleksi data mahasiswa, karena tugas verivikator adalah meninjau relevansi antara data yang di isi dengan gambar yang di upload. Agar UKT yang dibebankan oleh mahasiswa sesuai dengan kemampuanya. Oleh sebab itu dibutuhkan data-data yang harus dipertimbangkan contohnya foto slip gaji orangtua.

Muammar selaku ketua Admisi UINAR berpesan kepada mahasiswa baru agar selalu pantau dan mengunjungi web Admisi UINAR, karena semua informasi telah tersedia serta dapat di akses oleh seluruh MABA. Bahkan tim Admisi juga sudah menyertakan video tata cara pembayaran, daftar ulang dan lainnya di akun media sosial Instagram.

“ Tidak disarankan kepada mahasiswa untuk mendaftar ulang menggunakan handphone, karena layarnya kecil sehingga menyebabkan tidak semua informasi dapat dibaca. Jadi, saat daftar ulang disarankan memakai laptop atau komputer,” pungkasnya[]

Reporter : Rauzatul Jannah

Editor : Anzelia Anggrahini