Siakad Error, ICT Ajukan Perpanjangan Waktu Kegiatan Akademik

Sumberpost.com | Banda Aceh – Siakad error menimbulkan keresahan bagi mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, lantaran menghambat mahasiswa dalam mengakses nilai, hal ini semakin diperkeruh karena pada tanggal 3 Juli, sesuai kalender akademik adalah batas pengisian nilai oleh dosen. (03/03/2024)

Dila, salah satu mahasiswa UIN Ar-Raniry mengungkapkan keresahannya lantaran nilai mata kuliahnya belum terisi karena siakad error.

“Sampai saat ini, satu nilai mk saya belum terisi. Saat saya konfirmasi dengan dosen yang bersangkutan. alasanya siakad error, jadi tidak bisa mengisi nilai,” ujarnya saat diwawancarai Sumberpost.

Iza nasita selaku penanggung jawab informasi data dan sistem UIN Ar-Raniry mengungkapkan kemungkinan besar adanya perpanjangan jadwal pengisian nilai.


“Kemungkinan terbesar, perpanjangan jadwal pengisian nilai itu ada, dan akan segera dikabarkan. Karena kondisinya sekarang siakad memang error, jadi dosen tidak bisa mengisi nilai” ujarnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Ghufran Ibnu Yasa, selaku ketua Information and Communication Technologies (ICT) UIN Ar-Raniry Banda Aceh mengungkapkan, ICT telah mengajukan surat perpanjangan pengisian nilai dan pendaftaran kartu rencana studi (KRS) semester antara kepada pihak akademik.


“Kami telah mengajukan surat, dan meminta rektor untuk membuat kebijakan ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Ghufran mengatakan bahwasanya perihal ini sudah mendapat respon dari Yassir Yusuf selaku Wakil Rektor (WAREK) 1 terkait siakad error dan ia menyetujuinya.


“Pak warek 1 sudah merespon surat ini melalui whattsapp, dan beliau menyetujui permintaan perpanjangan ini,” Kata Ghufran.

Sebagai informasi, saat berita ini diunggah. Surat resmi perpanjangan waktu kegiatan akademik pada semester genap 2023/2024 telah diedarkan. Adapun poinnya sebagai berikut:


1.⁠ ⁠Jadwal pengisian nilai oleh dosen diperpanjang hingga tanggal 11 juli 2023
2.⁠ ⁠Jadwal pengisian KRS semester antara oleh mahasiswa diperpanjang hingga 5 juli 2024. []

Reporter: Rauzatul Jannah