Terbitkan Buku, Mahasiswa Pascasarjana UIN Ar-Raniry Bahas Dinamika Komunikasi Politik

Sumberpost.com | Banda Aceh – Mahasiswa pascasarjana Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh, kembali menarik perhatian dunia akademis dengan menerbitkan sebuah buku antologi yang berjudul “Memahami Dinamika Komunikasi Politik: Konstruksi dan Realitas.” Buku ini diterbitkan pada, Selasa, (09/07/24).

Buku yang ditulis bersama oleh Darwis, ⁠Dana Ismawan, ⁠Mulia Mardi, ⁠Teuku Azhar Ibrahim, ⁠Ella Fitriana, Muhammad Shiddiq Al-Ghifari, Ramadhan, ⁠Safrina, Nur ⁠Izah Hastuti, serta Cut Alfidhatul Nadhira ini dibimbing langsung oleh Prof Saiful Akmal yang merupakan dosen sekaligus Kepala Pusat Audit dan Pengembangan Mutu UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Ketua Tim Penulis, Ramadhan menyebutkan, hadirnya buku ini merupakan wujud kontribusi penting dalam kajian ilmu komunikasi politik yang berisi analisis dari beberapa penulis terhadap dinamika komunikasi politik yang berkembang, serta berusaha menjembatani kesenjangan antara teori komunikasi politik dan realitas yang terjadi di lapangan.

“Banyak yang berbicara tentang komunikasi politik, namun tidak banyak yang benar-benar memahami bagaimana dinamika dan konstruksi dari komunikasi politik itu terjadi dalam konteks Indonesia, terlebih dalam tahun ini kita menghadapi pergolakan yang besar dengan adanya pilpres, pileg dan pilkada,” jelas Ramadhan.

Kemudian ia juga menambahkan, memiliki pemahaman yang komprehensif mengenai komunikasi politik menjadi hal yang sangat penting, khususnya bagi masyarakat.

“Pemahaman yang baik mengenai komunikasi politik utamanya di tengah dinamika politik Indonesia yang semakin kompleks menjadi sangat penting, sehingga hadirnya buku ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi setiap elemen masyarakat. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Prof. Saiful Akmal yang selama ini telah membimbing dan memberikan banyak masukan terhadap proses penulisan buku ini,” tuturnya.

Senada dengan hal tersebut, salah satu penulis Dana Ismawan menuturkan, dalam buku ini para penulis berupaya memberikan pandangan secara komprehensif tentang berbagai aspek dalam komunikasi politik.

“Para penulis mencoba mengeksplorasi serta memberikan perspektif yang lebih luas tentang bagaimana konstruksi komunikasi politik dibentuk dan bagaimana realitas komunikasi politik di masyarakat. Disini para penulis juga menyoroti peran media massa dan media sosial dalam membentuk opini publik dan mempengaruhi dinamika politik di Indonesia,” ungkap Dana.

Sementara itu, Ketua Prodi KPI Pascasarjana UIN Ar-Raniry Dr. Ade Irma, menyampaikan apresiasi atas diterbitkannya buku ini. Ia menyebut bahwa hal ini merupakan bukti mahasiswa UIN Ar-Raniry dapat menghasilkan karya yang berkualitas dan memberikan kontribusi nyata dalam bidang akademis.

“Kami menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terbitnya buku ini sebagai sebuah karya yang menggugah pikiran dan menantang asumsi-asumsi konvensional mengenai komunikasi politik. Salah satu keunggulan buku ini adalah pendekatannya yang kritis dan analitis, sehingga akan sangat bermanfaat bagi pembaca yang ingin memahami kompleksitas komunikasi politik.,” tuturnya.

Ia juga menyebut bahwa buku ini sangat direkomendasikan bagi pembaca yang mencari pemahaman lebih mendalam tentang bagaimana komunikasi politik berfungsi dan mempengaruhi kehidupan sosial politik di era kontemporer saat ini.

Dengan diterbitkannya buku ini, para penulis berharap dapat menjadi acuan literasi komunikasi politik sehingga akan mampu berdampak positif bagi perkembangan dan kemajuan perpolitikan di Aceh dan Indonesia pada umumnya. [Rel]