Ubah Kebijakan, Tarbiyah Fair Akan Dilaksanakan 2 Kali

Sumberpost.com | Banda Aceh – Wakil Dekan (Wadek) III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) melakukan pertemuan dengan Panitia Pelaksana (Panpel) Kegiatan Tarbiyah Fair IX, Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh. Pertemuan ini dilakukan untuk mempersiapkan kegiatan Tarbiyah Fair ke-9 yang akan dilakukan dua kali. Pertemuan ini diadakan di ruang rapat Gedung A FTK, Selasa (09/07/2024).

Penanggung Jawab bidang perlombaan, T. Muharram Vibran mengatakan akan ada 18 cabang perlombaan di Tarbiyah Fair tahun ini untuk kategori siswa, mahasiswa, dan kategori umum.

“Tarbiyah Fair ke-9 ini ada 2 batch. Batch 1 dilaksanakan pada 29 Juli sampai 1 Agustus dan batch 2 dilaksanakan 4-7 September 2024. Akan ada 18 cabang lomba yang dibuka perkatagori untuk siswa, mahasiswa, dan umum. Jika ditotal semua akan ada 24 lomba yang dibagi menjadi 12 lomba di batch 1 dan 12 lomba di batch 2,” kata Muharram.

Ketua Panitia Tarbiyah Fair IX, Said Azummar Riyandi mengatakan, kegiatan ini tetap akan sama seperti tahun sebelumnya, hanya ada tambahan beberapa rangkaian kegiatan tambahan di bulan ini.

“Tahun ini juga akan ada kegiatan Expo penampilan para guest star dan pameran UMKM. Kegiatan perlombaan batch 1 ini menjadi tambahan rangkaian kegiatan di Tarbiyah Fair, walau nantinya ada jarak sebulan dari kegiatan utamanya,” ujar Said.

Ketua Umum DEMA FTK, Zulfadlan Asra mengaku, ini merupakan sebuah gagasan baru untuk menjadi tempat mengembangkan bakat siswa dan mahasiswa.

“Kami melihat bahwa momen Tarbiyah Fair harus dimanfaatkan untuk pengembangan bakat siswa dan mahasiswa, dan itu menjadi esensi dari Tarbiyah Fair itu sendiri. Dari total keseluruhan 24 lomba jika dilaksanakan serentak di bulan September maka tidak akan cukup waktu. Pertimbangan lain juga untuk membantu meningkatkan akreditasi fakultas dan prodi-prodi di selingkungan FTK. Oleh sebab itu kami melaksanakan Tarbiyah Fair menjadi 2 batch,” jelas Fadlan.

Wadek III FTK, Dr. Mumtazul Fikri menjelaskan, jadwal Tarbiyah Fair sudah diagendakan dari jauh-jauh hari, jadi ini bukan sebuah hal yang mendadak dan tentunya hal ini harus dimanfaatkan dengan baik.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Zulfadlan untuk membuat kegiatan ini menjadi 2 kali. Tarbiyah Fair Batch 1 harus dimanfaatkan oleh setiap ketua lembaga himpunan di Fakultas Tarbiyah untuk mengirimkan perwakilan terbaiknya ke perlombaan ini,” kata Mumtaz.

Lebih lanjut, Wadek III menjelaskan, hal ini akan menjadi keuntungan bagi kampus. Kegiatan Tarbiyah Fair tahun ini juga akan direncanakan dalam skala Internasional dengan bantuan para dosen.

“Ini menjadi keuntungan kita karena sebagai tuan rumah tidak lagi diberatkan dengan biaya akomodasi. Target perlombaan untuk siswa juga menjadi pengenalan dan promosi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan kepada para siswa, termasuk tingkatan Internasional akan dibantu mahasiswa dan dosen kita yang sedang berada di luar negeri,” pungkasnya.

Tarbiyah Fair adalah agenda wajib tahunan dari Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FTK. Pada awalnya kegiatan ini dilaksanakan hanya sekali di awal bulan September nanti seperti tahun-tahun sebelumnya, tapi sekarang akan dilaksanakan dua kali karena adanya perubahan kebijakan. Dijadwalkan kegiatan Tarbiyah Fair Batch 1 akan dilaksanakan di gedung B FTK dan Tarbiyah Fair Batch 2 dilaksanakan di lapangan UIN Ar-Raniry seperti tahun sebelumnya. [Rel]