Prodi HTN Gelar Kuliah Tamu, Bahas Penulisan Artikel

Sumberpost.com | Banda Aceh – Program Studi (Prodi) Hukum Tata Negara (HTN) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, menyelenggarakan Kuliah Tamu (KT) yang bertema “Strategi Penulisan dan Publikasi Artikel pada Jurnal Terakreditasi Sinta.” Acara yang berlangsung di Ruang Theater Gedung A FSH, Selasa (23/07/2024).

Husni A. Jalil, selaku Sekretaris Prodi HTN, mengungkapkan kebanggaannya atas antusiasme yang ditunjukkan oleh para peserta.

“Ini adalah bukti bahwa minat untuk meningkatkan kualitas penulisan ilmiah di kalangan akademisi kita sangat tinggi,” katanya.

Kegiatan ini mengahdirkan dua pemateri ahli, yaitu T. Surya Reza dan Ihdi Karim Makinara. Surya memaparkan teknik-teknik dasar penulisan artikel ilmiah yang baik dan benar. Ia menekankan pentingnya pemilihan topik yang relevan, struktur penulisan yang sistematis, serta penggunaan referensi yang kredibel.

“Artikel yang baik harus memiliki argumen yang kuat dan didukung oleh data yang valid,” ungkap Surya.

Ihdi menyampaikan terkait proses publikasi artikel di jurnal terakreditasi Sinta. Ihdi menjelaskan berbagai tahapan yang harus dilalui, mulai dari pengiriman hingga revisi dan finalisasi naskah. Ia mengatakan bahwa dengan adanya berbagai macam tool seperti Artificial Intelligence (AI), menulis sudah sangat mudah.

“Pada saat ini menulis sudah sangatlah mudah, asalkan para mahasiswa mempunyai kemauan untuk menulis,” tegasnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Ketua Prodi HTN, Edi Yuhermansyah menyatakan, penulisan dan publikasi artikel ilmiah bagi mahasiswa dan dosen akan dapat meningkatkan kualitas akademik dan reputasi institusi. Khusus bagi para mahasiswa ia mengharapkan kegiatan tersebut akan dapat mempermudah penyelesaian tugas akhir dengan lebih cepat.

“Kami berharap melalui kuliah tamu ini, para mahasiswa disamping memperoleh wawasan dalam menulis dan mempublikasi artikel di jurnal terakreditasi Sinta, hendaknya kegiatan ini juga akan dapat mempermudah penyelesaian tugas akhir mereka lebih cepat,” pungkasnya. [Rel]