Akademik Psikologi Dipindahkan Sementara, Begini Penjelasan Rektor

Sumberpost.com | Banda Aceh – Pemindahan akademik psikologi ke asrama putri IDB 1 hanya bersifat sementara, hal ini disebabkan Fakultas Psikologi sedang di renovasi untuk persiapan visitasi Fakultas Kedokteran. Hal tersebut dituturkan langsung oleh Mujiburrahman selaku Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Jum’at, (02/08/2024).

“Pemindahan ini disebabkan karena Fakultas Psikologi sedang di renovasi untuk persiapan visitasi Fakultas Kedokteran. Nanti setelah visitasi akan kembali lagi,” tuturnya saat diwawancarai Sumberpost di depan ruang sidang Fakultas Ushluhuddin dan Filsafat lantai 1.

Mujiburrahman mengungkapkan pemindahan ini juga bersifat sementara,kurang lebih hanya sampai sebulan. Setelah itu akademik psikologi akan pindah ke gedung yang baru pada bulan september. Selama sebulan ini, keamanan mahasiswi di asrama IDB 1 akan lebih diperketat dengan menghadirkan security wanita di dalam asrama.

Lanjutnya, pemakaian akademik Psikologi hanya pada lantai 1. sedangkan lantai 2 digunakan oleh mahasiswi yang sedang melaksanakan program ma’had reguler di asrama putri IDB 1.

“Keberadaan sementara ini hanya memakai 3 ruang di lantai 1 dan tidak menganggu asrama,” jelas Mujiburahman.

Dalam hal ini, Mujiburrahman mengatakan pemindahan ini tidak akan mengganggu kegiatan ma’had, lantaran jumlah mahasiswi hanya berkisar 30 orang lebih. Ia juga mengatakan, untuk saat ini belum ada opsi pemindahan akademik psikologi ke tempat lain, lantaran pemindahan tersebut merupakan permintaan dari pihak Psikologi.

“Kemarin kita mengarahkan ada rumah dekan yang tidak digunakan, tapi mereka tidak setuju karena jauh. Menurut pihak Psikologi asrama putri IDB 1 adalah tempat paling nyaman, karena mahasiswa juga dekat dengan itu. Karena kalau terlalu jauh khawatir nantinya mereka tidak setuju,”jelas Mujiburahman.

Keputusan tersebut juga telah dikoordinasikan dengan pihak ma’ had UIN Ar-Raniry.

“Kami sudah koordinasi dengan pihak ma’had, kemudian diarahkan ke asrama IDB 1 dan kebetulan mahasiswi tidak banyak dan masih banyak kamar-kamar yang kosong,” kata Mujiburahman.

Sejalan dengan hal tersebut, salah satu Mahasantri X (nama samaran) IDB 1 menyebutkan pemindahan ini memang tidak menganggu kegiatan ma’had.

“Kalau menganggu kegiatan sih enggak, walaupun mushola dipakai untuk ruang dosen. Kami masih bisa menggeser kursinya untuk melaksanakan sholat berjamaah,” jelas Mahasantri X.

Di satu sisi lain, Mahasantri X juga mengatakan pemberitahuan ini begitu mendadak sehingga menggangu kenyamanannya lantaran harus memindahkan barang dari lantai 1 ke lantai 2.

“Agak terganggu sih, tapi mau gimana lagi,” pungkasnya. []

Reporter: Rauzatul Jannah
Editor : Anzelia Anggrahini