Tuai Pro dan Kontra, Akademik Psikologi Dipindahkan ke Asrama Putri

Sumberpost.com | Banda Aceh – Akademik psikologi dipindahkankan ke asrama putri IDB 1 saat program ma’had reguler sedang berlangsung. Hal ini tentunya mengundang keresahan bagi seluruh santri, lantaran pemberitahuan yang begitu tiba-tiba, Jum’at ,(01/08/2024).

Salah satu Mahasantri X (nama disamarkan) menyebutkan pemindahan ini tidak disosialisasikan terlebih dahulu dengan para mahasantri. Informasi ini juga di beritahukan secara mendadak melalui media sosial Whatsapp. Problem tersebut tentunya menimbulkan ketidaknyamanan di kalangan mahasantri.

“Lumayan terganggu, karena pemberitahuan tiba-tiba dan disaat itu juga kami disuruh bergegas memindahkan barang ke lantai 2,” jelas Mahasantri X.

Ia menyebutkan saat pagi, pihak rektor mendatangi asrama untuk melakukan pengecekan dan di hari itu juga ia mendapat pemberitahuan untuk segera memindahkan barang-barang dari lantai satu ke lantai dua.

Dalam hal ini, mahasantri X mengaku, para mahasantri mendapat peringatan dari ustadzah pengurus asrama agar lebih menjaga pakaian saat keluar kamar.

“Kami diingatkan untuk menjaga pakaian saat keluar kamar, jaga-jaga diri,” kata Mahasantri X.

Bernasib sama, Fauzan selaku ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Psikologi mengatakan tidak mendapat pemberitahuan pemindahan akademik psikologi ke asrama putri IDB 1. Awalnya, ia juga mengaku janggal karena opsi perpindahan tersebut ke asrama putri, lantaran dosen dan mahasiswa juga bisa bebas masuk asrama.

Namun, ia mengutarakan pendapatnya yang mungkin menjadi alasan dasar pemindahan akademik psikologi ke asrama putri IDB 1.

“Mungkin karena dekat, jadi lebih memudahkan mahasiswa. Apalagi mahasiswa akhir yang harus bolak balik ke akademik,” kata Fauzan.

Fauzan menjelaskan keputusan pemilihan tempat pemindahan Akademik Psikologi ke asrama putri IDB 1 tidak melibatkan pihak DEMA. Ia juga mengatakan pihaknya baru mengetahui pemindahan akademik tersebut dua hari yang lalu.

“Kemarin kebetulan sedang ada keperluan di akademik. Awalnya, saya parkir seperti biasa karena mengira kantornya masih di dalam Fakultas Psikologi. Saat itulah saya baru mengetahui perpindahan akademik Psikologi ke asrama putri IDB 1,” ujarnya.

Dalam hal ini, Fauzan mengatakan belum ada surat atau pemberitahuan resmi terkait pemindahan tersebut.

Bertolak belakang dengan pernyataan tersebut, Mujiburrahman selaku rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry mengatakan, pihaknya telah memberikan infromasi ini pada rapat sosialisasi.

“Hal ini sudah kami sampaikan saat rapat sosialisasi pemakaian fasilitas Psikologi untuk visitasi fakultas Kedokteran pada 2 minggu yang lalu,” ujarnya.

Mujiburrahman mengatakan rapat sosialisasi tersebut melibatkan Dekan, Dosen, Ketua Bagian (KABAG), Tata Usaha (TU), ketua Prodi, beserta perwakilan SEMA dan DEMA.

Dalam hal ini, Kiswah selaku ketua Senat Mahasiswa (SEMA) Psikologi UIN Ar-Raniry mengatakan, dalam rapat sosialisasi tersebut tidak disebutkan pemindahan akademik Psikologi ke asrama putri IDB 1.

“Dari hasil rapat kemarin memang akademik fakultas Psikologi akan di pindahkan. Namun, untuk tempat pemindahan tidak ditentukan,” pungkas Kiswah. []

Reporter: Rauzatul Jannah
Editor : Anzelia Anggrahini