Rehabilitas Mesjid Fathun Qarib Akan Segera Selesai, Begini Harapan Rektor

Sumberpost.com | Banda Aceh – Rehabilitas bangunan Mesjid Fathun Qarib telah mencapai 60% dan diperkirakan akan rampung 90% pada bulan Agustus, hal ini dituturkan langsung oleh Mujiburrahman selaku rektor Universitas Islam Negeri (UIN) saat diwawancarai sumberpost, Jumat, (09/08/2024).

Dengan demikian, mahasiswa baru (MABA) yang akan melaksanakan pengenalan budaya dan akademik (PBAK) pada 26 Agustus 2024 mendatang dapat menggunakan fasilitas mesjid dan diharapkan ketika Wakil Presiden ke Aceh pada pertengahan September bersamaan penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) dapat meresmikan Mesjid Farhun Qarib.

Lebih lanjut Mujiburrahman mengatakan desain terbaru Mesjid Fathun Qarib diserahkan kepala Fakultas Sains dan Teknologi (SAINTEK). Dimana pengawasan juga dilakukan oleh SAINTEK dan pihak Mesjid.

Adapun fasilitas tambahan yang sedang dipersiapkan meliputi tempat wudhu, toilet, hingga fasilitas khusus untuk disabilitas. Selain itu, ruang kantor manajemen mesjid beserta kamar.

“Dan juga terdapat perluasan atap, sehingga ruang terbuka semakin luas. Jadi, kapasitas jamaah pun bertambah, jika dulu sekiranya hanya mampu menampung 1000 jamaah, dengan rehabilitas ini mungkin mampu menampung 2000 jamaah,” ujar Mujiburrahman.

Mujiburrahman berharap, Mesjid Fathun Qarib menjadi satu wadah pembinaan karakter dan nilai-nilai keislaman mahasiswa UIN Ar-Raniry dan juga fasilitas yang dapat dilakukakn untuk peningkatan kapasitas keagamaan. Selain itu, pusat kerohanian dan moderasi beragama berfokus pada kegiatan di mesjid.

“Kita telah membentuk forum tahfidz, nantinya ada 30 mahasiswa dan mahasiswi kita yang hafal 30 juz akan menjadi mentor adik-adik yang akan menyetor hafalan, dan kegiatan ini juga dilaksanakan di Mesjid Fathun Qarib,” pungkasnya. []

Reporter: Rauzatul Jannah