Tingkatkan Kemampuan Tulis Press Release, UKPM Sumberpost UIN Ar-Raniry Gelar Ngaji Jurnalistik

Sumberpost.com | Banda Aceh – Unit kegiatan pers mahasiswa (UKPM) Sumberpost Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry gelar Ngaji Jurnalistik, kegiatan ini mengusung tema “Menyinergikan Prestasi Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) Melalui Pemberitaan Berintegritas. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Teater Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Selasa (13/08/2024).

Halilul Haqqi selaku pimpinan umum Sumberpost dalam sambutanya menyebutkan esksistensi pers mahasiswa dalam ruang lingkup kampus, sebagai UKM yang telah berdiri sejak tahun 2006, Sumberpost berkomitmen untuk menyuarakan isu-isu dalam lingkup UIN Ar-Raniry melalui pemberitaan sesuai kaidah jurnalistik.

“Kami senantiasa berpegang teguh pada tagline kami, yaitu independen dan jujur,” ujarnya.

Adapun, tujuan diadakan ngaji jurnalistik untuk seluruh ORMAWA dan humas fakultas UIN Ar-Raniry tidak lain adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis press release sesuai dengan ruang lingkup masing-masing.

Acara ini dibuka langsung oleh rektor UIN Ar-Raniry, Prof. Mujiburrahman. Dalam pembukaannya, Mujiburrahman menyebutkan kehadiran Sumberpost sebagai pers mahasiswa menjadi inspirasi bagi ORMAWA, dimana ngaji jurnalistik akan membantu ORMAWA khususnya di bidang humas untuk belajar dan membuat berita secara profesional.

Selain itu, Sumberpost juga dapat memenuhi kebutuhan pemberitaan dalam berbagai program yang dilakukan oleh ORMAWA. Ia juga meyebutkan ketika setiap kegiatan yang ada di ruang lingkup UIN Ar-Raniry diketahui oleh masyarakat, tentu dibutuhkan seni dan skill untuk menulis berita.

“Itulah mengapa saya merasa perlu bagi ORMAWA untuk mengikuti kegiatan ini,” jelasnya.

Lebih lanjut iya mengatakan bahwasanya semua kegiatan yang ada di UIN Ar-Raniry perlu di publikasikan dengan baik kepada masyarakat lokal,nasional dan internasional.

“Melalui pemberitaan yang berkualitas ini lah, masyarakat akan mengetahui bagaimana wajah UIN Ar-Raniry, tidak semua orang dapat mengakses kampus ini secara langsung. Tapi begitu ada berita yang dibaca oleh masyarakat, dari situ mungkin sekian persen ia memahami bagaimana kampus kita,” tuturnya.

Dalam hal ini, Mujiburrahman menekankan eksistensi Sumberpost dimana adalah pihak yang berperan dalam berbagai peristiwa yang ada di kampus ini dimana akan disajikan kepada masyarakat luas.

“Ngaji jurnalistik ini memberikan kesempatan pengayaan, pengetahuan, kemampuan, seni bagi ORMAWA ketika suatu saat ingin bergelut di bidang jurnalistik secara profesioanal,” lanjutnya.

Mujiburrahkan berharap, kegiatan ini tidak dilakukan sekali dalam setahun melainkan diadakan rutin.

“Mungkin dari ngaji jurnalistik ini menghasilkan ouput peserta yang berkecimpung di dunia wartawan, jadi semakin banyak posisi jurnalis dari berbagai media yang berasal dari UIN Ar-Raniry. Sehingga di berbagai media, kita punya jejaring,” pungkasnya.

Kegiatan tahunan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis press realise bagi ORMAWA selingkungan UIN Ar-Raniry agar setiap kegiatan yang dilakukan dalam organisasi dapat terpublikasikan dengan baik.

Acara ini dihadiri oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), Senat Mahsiswa (SEMA), Unit Kegiatan Khusus (UKK) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), beserta delegasi peserta dari berbagai fakultas di UIN Ar-Raniry. []

Reporter: Rauzatul Jannah