Mahasiswa KPM UIN Ar-Raniry Sukses Rayakan Peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-79

Sumberpost.com | Banda Aceh – Hari kemerdekaan Indonesia merupakan momentum sakral yang diperingati secara serentak pada 17 Agustus. Tak heran, momen peringatan hari kemerdekaan ini merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat gampong Miruek, dimana hiburan dan keseruan dikemas dalam bingkai perlombaan, Sabtu (17/08/2024)

Berbagai perlombaan hadir untuk disaksikan oleh masyarakat dari berbagai kelompok usia pada lapangan gampong miruek, mulai dari lomba membawa kelereng menggunakan sendok, membawa gelas menggunakan balon, futsal, tarik tambang, panjat pinang, balap karung hingga estafet air.

Geuchik gampong Miruek, Muhibuddin mengatakan, momen perayaan hari kemerdekaan ini setiap tahunnya mendapatkan antusias yang bergitu luar biasa dari masyarakat. Hari kemerdekaan ini ini merupakan salah satu sarana hiburan bagi masyarakat. Antusias masyarakat terlihat jelas saat menyaksikan atau mengikuti perlombaan.

“Tahun ini kita memiliki 2 titik perlombaan, lapangan futsal samping meunasah dan lapangan gampong,” tutur Muhibuddin.

Suksesnya peringatan ini tidak terlepas dari sinergi aparatur gampong, pemuda dan mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry.

“Perlombaan ini disukseskan oleh mahasiswa KPM Uin Ar-Raniry dan pemuda gampong, kami aparatur desa hanya memfasilitasi. Syukur tahun ini kita dibantu oleh mahasiswa, jadi semua berjalan lancar, kami masyarakat gampong sangat berterima kasih,” tutur Muhibuddin.

Sejalan dengan hal tersebut, Teuku Muhammad Firdaus selaku ketua KPM gampong Miruek mengungkapkan persiapan peringatan 17 Agustus ini dilakukan 1 minggu menjelang tanggal 17.

“Dalam persiapan ini, kami bagi tugas, mahasiswi belanja hadiah lomba, seperti tumbler, buku, alat tulis. Sedangkan mahasiswa mempersiapkan lapangan perlombaan. Karena tahun ini kita ada dua titik perlombaan, jadi kami mengusung perbaikan lapangan futsal yang terletak di samping Meunasah,” ujarnya.

Firdaus mengatakan, hal ini merupakan saran mahasiswa untuk memperbaiki lapangan futsal dan diterima oleh aparatur gampong, dan mereka diberikan tugas untuk mengecat lapangan futsal gampong. Lebih lanjut Firdaus mengatakan hadiah tertinggi jatuh kepada cabang perlombaan panjat pinang, dimana terdapat uang tunai sebanyak 2 juta pada puncak pohon pinang.

“Hadiah tertinggi itu ada di pucuk pohon pinang, kalau tidak salah sebanyak dua juta. Semua hadiah ini ditanggung oleh gampong,” lanjutnya,

Firdaus juga mengatakan tim KPM Gampong Miruek begitu kompak, sehingga persiapan perlombaan 17 Agustus berjalan dengan terstuktur.

“Tim kami kompak, lumayan terstuktur kerjanya dan kalau ada yang lagi lelah pasti dibantu dengan teman-teman yang lain,” kata Firdaus.

Antusias masyarakat dalam perlombaan ini begitu tinggi. Bahkan lomba bawa kelereng mencapai 70 orang peserta. Meskipun cuaca pada saat perlombaan itu hujan, hal ini tidak menyurutkan semangat masyarakat gampong Miruek untuk melanjutkan perlombaan.

“Dapat dilihat antusias mayarakat kita, meskipun hujan. Lomba tetap dilanjutkan, dan penonton tidak bernjak dari lapangan. Sepertinya meskipun hujan deras, perlombaan panjat pinang juga tetap dilanjutkan, semakin hujan semakin bersemangat masyakat,” ungkapnya.

Sejauh ini, kata Firdaus program KPM yang mereka jalankan berjalan lancar, hal ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat gampong Miruek.

“Masyarakat disni ramah, apalagi bapak-bapak dan ibu-ibunya, enak diajak bicara, kalau kita sapa di jalan itu bisa lanjut berbicara hingga setengah jam,” jelasnya.

Keramahan masyarakat gampong Miruek membuahkan kenyaman bagi mahasiswa. Kata firdaus, bantuan Gampong juga mendukung program-program KPM yang mereka usung. Contohnya seperti perbaikan lapangan futsal.

“Saat kami perlu bantuan pasti dibantu, asal kami lapor,” pungkasnya. []

Reporter: Rauzatul Jannah

Fotographer: Aris Muda