Semarak Perayaan 17 Agustus di Gampong Lam Raya: Momentum Memupuk Nasionalisme dan Wujudkan Desa Bebas Narkoba

Sumberpost.com | Banda Aceh ā€“ Pemerintah Gampong Lam Raya, Kecamatan Montasik, Kabupaten Aceh Besar, menyelenggarakan serangkaian perlombaan untuk memeriahkan peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79. Kegiatan ini mendapat apresiasi tinggi dari berbagai pihak, termasuk Camat Montasik, Kapolsek Montasik, serta tokoh masyarakat setempat, Minggu, (18/08/2024).

Yuslizar, selaku Camat Montasik menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh perangkat desa yang telah berinisiatif mengadakan berbagai lomba.

“Kami selaku pemerintah Kecamatan Montasik sangat mengapresiasi upaya Pemerintah Gampong Lam Raya yang telah melaksanakan lomba-lomba yang sangat baik ini. Alhamdulillah, kegiatan ini telah dilakukan mulai dari tingkat paling bawah di desa hingga ke pusat,” ujar Yuslizar.

Beliau juga menambahkan bahwa beberapa desa lainnya di Kecamatan Montasik juga turut mengadakan lomba-lomba serupa, baik pada hari-H maupun pada hari yang telah ditentukan.

“Harapan kami ke depannya, desa ini dapat menjadi desa percontohan di kecamatan kita, paling tidak bisa kita ciptakan sebagai desa bebas narkoba. Insyaallah, dengan kegiatan ini, kita akan meluncurkan desa ini sebagai desa bebas narkoba sehingga terwujudnya desa yang aman dan sejahtera,” tambahnya.

Kapolsek Montasik, Ipda Abu Sofyan, turut mengapresiasi dan memberikan pandangannya tentang jiwa nasionalisme kepada masyarakat desa Lam Raya. Ia juga menegaskan pentingnya peran Polisi Republik Indonesia (POLRI) dalam mendukung kegiatan yang bersifat positif, seperti perlombaan-perlombaan ini, serta menjaga ketertiban di masyarakat.

“Kita tentunya bangga kepada desa yang mau melakukan kegiatan-kegiatan seperti ini. Saya akan tetap hadir pada desa-desa yang mengundang untuk kegiatan semacam ini. Ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan jiwa nasionalisme masyarakat, agar semakin hari semakin cinta kepada negaranya. Dan kita jadikan desa ini sebagai proyek percontohan anti narkoba, jadi seluruh masyarakatnya berperan untuk menjaga desa dari peredaran dan penggunaan narkoba. Hal ini sudah terlihat dari kesiapan perangkat desa dalam menggalakkan kegiatan-kegiatan positif seperti olahraga dan aktivitas ibu-ibu dalam keseharian,” ungkap Abu Sofyan.

Dalam kesempatan yang sama, Keuchik Gampong Lam Raya, Darwin, menyampaikan bahwa acara ini melibatkan berbagai pihak, termasuk ketua pemuda, perangkat desa, ibu-ibu Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Posyandu.

“Dengan kegiatan ini, saya melihat antusiasme masyarakat sangat tinggi. Mereka senang, bahkan dari kampung tetangga pun ikut melihat acara perlombaan ini,” ungkap Darwin.

Sementara itu, Zalikha sebagai salah satu tokoh masyarakat sekaligus ketua panitia, menekankan pentingnya memupuk semangat nasionalisme pada generasi penerus.

“Inisiatif kami mengambil kesempatan ini adalah untuk mengedukasi semangat nasionalisme kepada generasi penerus. Selain itu, untuk mempererat tali silaturrahmi antar warga yang sangat bermanfaat,” ujar Zalikha.

Adapun perlombaan yang diadakan meliputi berbagai macam kegiatan, seperti bulu tangkis, pancing botol, estafet sarung, bawa kelereng, kupas kelapa, masukkan benang ke jarum, dan estafet bawa air. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk memeriahkan perayaan 17 Agustus, tetapi juga untuk mempererat kebersamaan dan semangat gotong royong antarwarga Gampong Lam Raya[]

Reporter : Fatimah Azzahra & Khairiatul Nurwanti

Editor : Anzelia Anggrahini