Rawat Kesehatan Mental, Mahasiswa Psikologi UIN Ar-Raniry Gelar Psikoedukasi

Sumberpost.com | Banda Aceh – Mahasiswa Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh melakukan kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Internasional dan Student Exchange ke III di Malaysia, Rabu, (28/08/2024).

Mahasiswa Psikologi telah menyelenggarakan Psikoedukasi tentang Psikologi dan Peningkatan Kesadaran Kesehatan mental serta pentingnya merawat diri bagi siswa menengah, yang dilaksanakan pada hari Rabu, 28 Agustus 2024 bertepatan di Pondok Pesantren Darul Furqon, Perak, Malaysia.

Usia remaja merupakan fase yang sangat rentan terhadap masalah kesehatan mental, karena remaja mengalami perubahan fisik, emosional dan sosial. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran Siswa dan siswi akan pentingnya kesehatan mental, sekaligus memberikan wadah untuk mengekspresikan diri sekaligus sharing session antara siswa dengan Mahasiswa psikologi.

Psikoedukasi tersebut dibuka oleh Dr. Safrilsyah, selaku Wakil Dekan (Wadek) I. Dalam sambutannya pada kegiatan tersebut Safrilsyah menyampaikan, edukasi terkait kesehatan mental sangat diperlukan terkhusus bagi para remaja.

“Saya berharap kegiatan ini nantinya dapat berjalan dengan baik, dan menjadi wawasan atau pengetahuan baru bagi adik-adik santri kelas menengah Pondok Pesantren Darul Furqon,” harap Safrilsyah.

Kegiatan tersebut juga dibuka secara resmi oleh kepala Sekolah Menengah Bawah, Ustadzah Noraini. Dalam sambutannya beliau mengharapkan para santri dapat mendengarkan materi yang disampaikan dengan baik agar dapat diterapkan kedepannya dan dapat meningkatkan semangat belajar kedepannya.

“Semoga dengan kegiatan ini bisa bermanfaat untuk para santri,” ujar Noraini.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Dr. Safrilsyah selaku Wadek I , Miftahul Jannah dan Vera Nova selaku dosen psikologi Serta ustadzah Noraini selaku kepala Sekolah Menengah Bawah. Dalam kegiatan ini juga terdapat 45 Santri Pondok Pesantren Darul Furqon yang membersamai hingga akhir.

Seminar ini diisi oleh dua orang pemateri. Materi pertama diisi oleh Farah Nabila dengan judul “Mengenal Istilah Psikologi dan Kesehatan Mental”. Dalam pemaparannya ia menyampaikan apa itu pengertian dari Psikologi dan kesehatan mental serta bidang-bidang yang terdapat dalam Psikologi.

Materi kedua diisi oleh Safira Zahrani dengan judul “Self Care” yang membahas bagaimana cara merawat diri, bukan hanya fisik tetapi juga psikis.

Acara ini berlangsung meriah, hal ini dibuktikan dengan banyaknya antusias peserta yang memberikan pertanyaan. Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari para peserta dan menjadikan peserta memiliki pengetahuan tentang kesehatan mental diberbagai aspek kehidupan baik keluarga dalam perspektif islam maupun sosial di masyarakat, serta bertambahnya pengetahuan tentang kesehatan mental dan cara merawat diri baik secara fisik maupun psikis pada generasi muda. Kegiatan serupa lainnya diharapkan dapat terus dilaksanakan. [Rel]