Tingkatkan Semangat Menuntut Ilmu, Mahasiswa KPM Internasional Gelar Psikoedukasi Tentang “Motivasi Belajar”

Sumberpost.com| Banda Aceh – Mahasiswa Kuliah Pengabdian kepada Masyarakat (KPM) Internasional Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh kembali mengadakan Psikoedukasi di Pondok Darul Furqon, Perak, Malaysia. Psikoedukasi ini ditujukan kepada Siswa kelas Menengah di Pondok Darul Furqon, Rabu, (04/09/2024).

Pada kesempatan kali ini tema yang diangkat ialah “Meningkatkan Semangat Belajar dengan Motivasi Belajar” tema tersebut diangkat bertujuan untuk memacu semangat belajar dan edukasi terkait metode belajar yang efektif bagi para santri. Dengan fokus kompetensi tersebut harapannya dapat mengoptimalkan sistem belajar santri Pondok Darul Furqon.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC, Cut Rahmawati. Yang kemudian dilanjutkan dengan sesi ice breaking yang dipandu oleh Zakiya. Sesi selanjutnya yaitu penyampaian materi yang dibawakan oleh Tharifa. Materi disampaikan dengan menguraikan pentingnya motivasi dalam belajar, dorongan internal dan eksternal, serta tips tentang gaya belajar yang baik.

Kegiatan berlangsung dengan antusiasme para santri yang terlihat dari awal kegiatan hingga akhir, mereka turut sharing pengalaman belajar serta metode belajar yang mereka gunakan. Tidak hanya itu, Psikoedukasi ini juga semakin menyenangkan pada sesi mentoring. Santri dibagi kedalam beberapa kelompok yang mana setiap kelompok dipandu oleh Mahasiswa KPM Internasional Fakultas Psikologi, Uin Ar-Raniry.

Pada sesi mentoring santri dipandu untuk berdiskusi lebih intens, diawali dengan bonding antara mentor dengan masing-masing kelompok santri. Dalam masing-masing kelompok santri diberi sebuah study casus dan masing-masing santri diberi kesempatan untuk memberi tanggapan bagaimana cara menyelesaikan permasalahan tersebut.

Harapannya, kelas ini dapat membuka dan menjadi titik awal bagi para santri untuk lebih peduli lagi akan kesehatan mentalnya dalam perjalanan meraih mimpi. Sehingga, tidak ada lagi hambatan yang menjadi penghalang mereka untuk meraih cita-citanya di masa depan.[Rel]