Gencarkan Aksi Peduli Lingkungan, LDK Ar-Risalah Kolaborasi Bersihkan Sampah

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) LDK Ar-Risalah universitas islam negeri (UIN) Ar-Raniry gencarkan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Ujung Batee, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar. Sabtu, (14/09/2024).

Kegiatan ini melibatkan 150 kolaborator, di antaranya senat mahasiswa (SEMA) UIN Ar-Raniry, Turun Tangan Aceh, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia Pengurus Komisariat (KAMMI PK) UIN Ar-Raniry, Yakesma Aceh, generasi baru indonesia (GenBi), UKM TESSA, UKM GAINPALA, UKM Taekwondo, UKK Pramuka, lembaga dakwah fakultas(LDF) Azh-zhilal, serta Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Leting 2022.

Yusuf, Ketua Umum UKM LDK Ar-Risalah UIN Ar-Raniry manyatakan, aksi ini berlandaskan kepedulian bersama terhadap kondisi lingkungan di sekitar pantai yang kian hari semakin tercemar.

“Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar kesadaran bersama atas tercemarnya lingkungan di sekitar pantai. Inilah peran anak-anak muda, terutama mahasiswa, untuk turut serta menyelesaikan permasalahan ini. Kalau bukan kita dan sekarang, siapa dan kapan lagi,” ujar Yusuf.

Sebelum melaksanakan aksi, peserta terlebih dahuli dibekali materi mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan oleh komunitas Turun Tangan Aceh. Setelah itu, peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok agar dan membersihkan sampah sesuai titik yang diarahkan.

“Harapannya, kegiatan ini tidak berhenti di sini, tapi berlanjut seterusnya dengan menjadikan kita semua sebagai pelopor kebersihan lingkungan. Ayo jaga lingkungan, karena kita adalah manusia,” tutur Husnul, perwakilan Turun Tangan Aceh dalam penutupan sesi pemberian materi.

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan semakin banyak pihak yang sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, terutama kawasan wisata alam seperti Pantai Ujung Batee, sehingga keindahan alam Aceh tetap terjaga untuk generasi mendatang. [Rel]