BMKG: Banda Aceh Akan Dilanda Hujan dan Angin Sampai 20 September

Sumberpots.com | Banda Aceh – Koordinator Kantor Layanan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Pelabuhan Ulee Lheue, M. Jamal menyebutkan Banda Aceh akan dilanda hujan dengan curah yang tinggi disertai angin kencang sampai 20 September mendatang. Hal ini disebabkan wilayah Aceh sedang memasuki fase peralihan ke musim penghujan.

“Kondisi seperti ini diperkirakan akan terjadi 3 hari kedepan, dari hari ini sampai tanggal 20 September. Terjadi karena adanya gangguan atmosfer dimana suhu muka laut itu menghangat di wilayah perairan Selatan dan Pantai Barat Aceh, sehingga lebih banyak terjadi awan-awan konvektif dan terjadi penguapan yang lebih tinggi. sehingga untuk wilayah Aceh keseluruhan pada saat ini ada peningkatan intensitas curah hujan dari sedang hingga tinggi,” tuturnya ketika diwawancarai di Kantor Layanan Meteorologi Maritim Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, Banda Aceh, pada Selasa (17/09/2024).

Jamal juga menyebutkan gelombang Rossby menjadi faktor meningkatnya kecepatan angin di wilayah Aceh. Gelombang Rossby terjadi di Sumatera bagian utara dengan kecepatan melebihi 25 knot. Hal tersebut kemudian juga berdampak pada beberapa cabang olahraga outdoor, baik yang berhubungan dengan air dan darat.

BMKG menghimbau para atlet dan official yang sedang berkompetensi di laga PON XXI Aceh-Sumut untuk lebih sigap menanggapi timbulnya bencana-bencana yang mungkin terjadi. Bencana berupa banjir dan longsor bisa saja mengintai jika curah hujan dan intensitas kecepatan angin konsisten meningkat dalam tiga hari kedepan.

“Himbauan kami kepada para atlet atau official PON agar lebih waspada terhadap timbulnya bencana-bencana Hidrometeorologi sepeti banjir, longsor dan bencana lainnya. Mungkin demikian dampak dari kondisi cuaca saat ini yang sangat variatif dan cepat berubah secara signifikan terhadap terselenggaranya PON XXI,” pungkasnya.

Tak hanya di darat, namun dampak yang ditimbulkan dari cuaca seperti ini juga terjadi pada gelombang air laut. Tinggi gelombang laut diperkirakan akan mencapai 1,25 sampai dengan 2,5 meter. []

Reporter: Rina Hayati