Peringati Maulid Nabi Muhammad, HMP IAT dan LDF Azh-Zhilal UIN Ar-Raniry Gelar Seminar Internasional Hadirkan Ulama dan Cendekiawan dari Mekkah

Sumberpost.com | Banda Aceh – Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) berkolaborasi dengan Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) Azh-Zhilal, Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, menggelar seminar internasional bertema “Pemimpin sebagai Pembawa Amanah: Tafsir Konsep Amanah dalam Al-Qur’an dan Contoh Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW”. Kegaiatan ini dilaksanakan di Gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Senin, (23/09/2024).

Prof. Salman, selaku Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam seminar memberi sambutan. Ia menyampaikan ucapan selamat datang kepada Abuya Sayyid Basim dan mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan yang diberikan.

“Atas nama civitas akademika UIN Ar-Raniry, kami mengucapkan selamat datang kepada Abuya Sayyid Basim bin Ahmad Al-Makki. Semoga ilmu yang disampaikan dalam seminar ini bermanfaat bagi kita semua,” ujar Prof. Salman.

Prof. Salman juga menekankan pentingnya tema yang diangkat dalam seminar, terutama menjelang pelaksanaan Pilkada di Aceh.

“Tema seminar ini sangat relevan dengan kondisi kita saat ini, mengingat beberapa waktu lagi kita akan menghadapi Pilkada. Harapannya, ilmu yang kita peroleh hari ini bisa diterapkan dalam proses tersebut,” tutup Prof. Salman dalam sambutannya

Ketua panitia, Muhammad Wildan Nafis, menjelaskan bahwa seminar ini tidak hanya bertujuan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, tetapi juga untuk menumbuhkan pemahaman lebih mendalam tentang konsep amanah yang merupakan sikap dari Rasulullah SAW. Wildan berharap peserta dapat memahami dan mengimplementasikan amanah dalam kehidupan sehari-hari.

“Seminar ini bertujuan agar setiap individu dapat menafsirkan dan memahami arti amanah, sehingga bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Amanah adalah sifat yang sangat mulia dan menjadi salah satu karakteristik utama Nabi Muhammad SAW,” ujar Wildan dalam sambutan.

Intisari dari paparan materi Abuya Sayyid Basim bin Ahmad Al-Makki, menekankan pentingnya menanamkan amanah dari hal-hal kecil, termasuk amanah terhadap diri sendiri.

“Amanah harus dimulai dari dalam diri kita sendiri, bahkan dari hal-hal kecil. Misalnya, menjaga amanah terhadap diri sendiri dengan menjaga kesucian diri dan fitrah sebagai hamba Allah. Salah satu caranya adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah, yang sering disebut dalam istilah bahasa Arab sebagai muraqabah,” ujar Abuya Sayyid Basim.

Abuya Sayyid Basim juga menambahkan bahwa kedekatan kita dengan Allah SWT. akan menumbuhkan rasa tanggung jawab dan amanah dalam menjalani kehidupan, baik terhadap diri sendiri maupun lingkungan sekitar, sesuai dengan syair Arab yang berarti “mulailah dengan dirimu, sempurnakan dengan orang-orang di sekitarmu.”

Seminar internasional tersebut menghadirkan ulama dan cendikiawan dari Mekkah, Arab Saudi, Abuya Sayyid Basim bin Ahmad Al-Makki sebagai pemateri. Seminar tersebut pula menjadi bagian dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan tersebut dihadiri oleh ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Seminar ini mendapat apresiasi yang positif dari para peserta dan diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi penerapan nilai-nilai amanah dalam kehidupan beragama dan berbangsa. []

Reporter: Agamna Azka