Sedang Dibuka! Simak Tips dan Trik Lulus BSI Scolarship

Sumberpost.com | Banda Aceh – Bank Syariah Indonesia (BSI) Scolarship Inspirasi merupakan program beasiswa yang diinisiasi oleh BSI Maslahat dan Bank BSI. Beasiswa ini ditujukan untuk pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan.Target program ini dikhususkan untuk mahasiswa tingkat sarjana Strata 1 (S1) tingkat 2 dengan Masa program maksimal 3 tahun atau 6 semester.

Selain mendapatkan bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebesar Rp 3.000.000 selama 6 semester, beasiswa ini juga menawarkan beberapa program pengembangan bagi mahasiswa yang meliputi pelatihan ekonomi keuangan syariah, pembinaan kepemimpian diri dan pembangunan karakter, berkesempatan untuk mentorship dengan pimpinan BSI hingga berkesempatan magang di industri ekonomi syariah.

Adapun syarat pendaftaran beasiswa ini meliputi: 1.Mahasiswa prasejahtera yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), 2.Minimal IPK 3,00, 3.Mahasiswa aktif tahun ke-2 atau semester 3, 4.Tidak sedang menerima beasiswa sejenis dari lembaga lain.

Jadwal-jadwal penting yang perlu di catat yakni: 1.Pendaftaran melalui laman https://www.bsischolarship.id mulai tanggal 2 September hingga 13 Oktober, 2.Seleksi berkas 14 hingga 23 Oktober, 3. Asesment psikolog 26 Oktober-5 November, 4.Pengumuman akhir 12 November untuk diketahui.

Peminat program beasiswa BSI Scolarship inspirasi pada 2023 mencapai 38 ribu mahasiswa dari seluruh Indonesia, dimana kuota yang tersedia sebanyak 26 ribu mahasiswa penerima manfaat BSI scolarship.Raja munandar, salah satu awarde BSI scolarship 2023 menyampaikan program ini memiliki banyak peminat. Akan tetapi mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry yang berhasil melalui serangkaian seleksi hanya 24 orang.

“Peminatnya cukup banyak, di UIN Ar-Raniry mencapai seratus lebih. Yang berhasil mendapatkan beasiswa sebanyak 24 penerima manfaat BSI scolarsship pada 2023”, kata Raja.

Meskipun banyak peminat, Raja mengaku optimis untuk melalui serangkaian seleksi yang telah ditetapkan. Ia juga membagikan tips dan trik untuk lulus beasiswa ini.

“Teman-teman bisa belajar tentang literasi keuangan ekonomi syariah. Karena setiap calon penerima diharuskan untuk membuat essay dengan tema tersebut. Dan pada saat penulisan essay baiknya difokuskan saja pada tema terkait,” papar Raja.

Lebih lanjut, Raja menyebutkan asesmen psikologi melingkupi bagaimana calon penerima memposisikan diri ketika berhadapan dengan masalah. Kemudian seputar leadership atau bagaimana memposisikan diri sebagai pemimpin.Kata Raja, motivasi ia untuk berkarir di dunia ekonomi syariah menghantarkanya untuk menjadi salah satu penerima manfaat BSI scholarship.

“Selama saya menjadi salah satu penerima manfaat, ada banyak benefit yang telah saya dapatkan. Seperti pelatihan ekonomi syariah hingga pelatihan kepemimpinan yang rutin 2 bulan sekali. Tentunya dengan Pemateri hebat yang dihadirkan langsung dari pusat,” ujarnya.

Dari serangkain pembinaan yang telah didapatnya. Raja mengaku mendapatkan peningkatan softskill yang signifikan dari sebelumnya.

“Tentu mendapatkan peningkatan softskill yang signifikan sebagai proses dari perjalanan karir yang saya tempuh. Untuk saat ini, saya berhasil menjadi duta gender UIN Ar-Raniry dan finalis top 10 agam inong duta wisata Banda Aceh,” pungkasnya.[]

Reporter: Rauzatul Jannah

Editor : Anzelia Anggrahini