Mubes Ditunda Sampai Waktu yang Tidak Ditentukan, KIP Akan Evaluasi Diri

Sumberpost.com | Banda Aceh- Pemimpin Musyawarah Besar (Mubes), Indra Syahputra Harahap diamankan saat musyawarah sedang berlangsung. Hal ini terjadi akibat sebagian besar peserta kehilangan kontrol saat forum sedang berlangsung. Indra diamankan lantaran menjadi tumpuan emosi sejumlah Organisasi Mahasiswa (Ormawa). Sebelumnya, telah diketahui bahwasannya sebagian pihak memang menuntut kejelasan posisi Indra berbeda antara surat yg beredar dan pernyataan forum, Rabu, (15/5/2024).

Akibat kericuhan yang tak kunjung selesai, Teguh Diansyah Mudawali selaku ketua Senat Mahasiswa (SEMA)  turut menjadi penengah untuk mengamankan suasana.

 “Sebenarnya dalam hal ini, pihak yang bertanggung jawab adalah Komisi Independen Pemilihan (KIP). Berhubung suasana sangat tidak kondusif dan mereka tidak didengarkan lagi maka SEMA memiliki wewenang untuk menjadi penengah apabila suasana tidak kondusif seperti tadi,” jelas Teguh.

Kemudian, setelah mengalami kericuhan, forum mubes diambil alih oleh komisi IV SEMA.

 “Musyawarah besar kita tunda, sampai dengan waktu yang tidak ditentukan, kita mahasiswa UIN Ar – Raniry tentunya mengiginkan perdamaian,” tegas komisi IV SEMA.

Teguh Diansyah Mudawali menerangkan, ini hanya miskomunikasi KIP yang kurang mensosialisasikan ketergantian ketua KIP kepada sejumlah Organisasi Mahasiswa (Ormawa). Dari kejadian hari ini, KIP tentunya akan mengadakan evaluasi untuk perbaikan kedepannya.

“Dari SEMA sendiri, tentunya kami juga akan mengadakan evaluasi. Seperti pemilihan tempat yang lebih kondusif, mungkin akan kita adakan di museum teater. Serta tuntutan peserta terkait kejelasan ketua KIP akan kita musyawahkan kembali,” jelas Teguh.

Karena kericuhan yang terjadi, pemilihan SEMA juga ikut tertunda. Segala informasi terkait lanjutan akan di kabarkan melalui platform media sosial intagram SEMA UIN Ar-Raniry. []

Reporter : Rauzatul Jannah

Editor : Anzelia Anggrahini