Keamanan Diperketat, Begini Penjelasan Pihak KIP dan SEMA

Sumberpost.com | Banda Aceh – Musyawarah Besar (Mubes) pemilihan ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh kembali dilanjutkan. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Rektorat, Rabu (22/05/2024).

Sebelumnya, Mubes telah dilaksanakan pada Selasa, (14/5/2024). Namun, Mubes sempat tertunda karena kericuhan yang terjadi saat berlangsungnya musyawarah. Tidak ingin hal tersebut terulang kembali, Senat Mahasiswa (SEMA) dan Komisi Independen Pemilihan (KIP) UIN Ar-Raniry memutuskan untuk memperketat keamanan Mubes.

Dalam hal ini, Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Sumberpost selaku media Pers Mahasiswa, tidak diberikan izin untuk menghadiri Mubes seperti sebelumnya. Hal ini dilontarkan langsung oleh ketua KIP, Indra Syahputra Harahap saat reporter Sumberpost hendak memasuki aula rektorat untuk melakukan peliputan mubes.

“Kami tidak mengizinkan Sumberpost masuk berdasarkan kesepakatan bersama para anggota KIP dan karena Sumberpost sendiri bukan peserta, sedangkan di tata tertib yang berhak masuk forum itu peserta, peserta penuh, delegasi dan juga peserta peninjau,” jelas Indra saat diwawancarai Sumberpost di taman Rektorat.

Disisi lain ketua SEMA UIN Ar-Raniry, Teguh Diansyah Mudawali mengatakan mubes kali ini penjagaannya memang benar-benar ketat.

“Jadi, yang bisa masuk hanya peserta, agar jangan sampai kejadiannya seperti minggu kemarin. Mubesnya kebobolan, yang bukan peserta masuk. Sebenarnya kebijakan SEMA tahun ini memperbolehkan pers masuk ke dalam forum, namun berhubung terjadi kericuhan minggu lalu jadi keamanannya sangat diperketat,” Pungkas Teguh. []

Reporter: Rauzatul Jannah
Editor : Anzelia Anggrahini