SEMA FSH UIN Ar-Raniry Adakan LKMD

Sumberpost.com | Banda Aceh – Senat Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menggelar Pelatihan Kepemimpinan Menengah Dasar (LKMD) Tingkat Fakultas Syariah dan Hukum. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, yakni 8-9 Juni 2022 di Aula kampus setempat.

Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama FSH UIN Ar-Raniry, Saifuddin Sa’dan mengatakan, LKMD ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa berupa wawasan, sikap, dan keterampilan serta manajemen untuk memberdayakan diri dan organisasi kemahasiswaan agar mampu mengembangkan kemampuan manajerial dengan baik.

“Banyak hal yang didapatkan dalam pelatihan seperti ini, antara lain mahasiswa memiliki kemampuan manajerial yang sepadan dengan tanggungjawabnya, serta mampu menegakkan prinsip-prinsip idealismenya, mereka juga didik untuk memiliki tanggungjawab, jujur, kemampuan bekerjasama, memahami keragaman di antara mereka dan sikap mandiri melalui kegiatan berorganisasi nantinya,” ujarnya. Rabu, (8/6/2022)

Ditambahkan, pelatihan tersebut juga diharapkan kepada mahasiswa agar mampu mengembangkan sikap positif yang berorientasi pada pencapaian prestasi terbaik, mampu mengembangkan kemampuan berpikir ilmiah dalam praktik berorganisasi, serta mampu menerapkan kesadaran berbangsa dan bernegara serta rasa cinta tanah air melalui berorganisasi.

Sebab lanjut Saifuddin Sa’dan, secara khusus pelatihan kepemimpinan dasar dapat memberi wawasan dan keterampilan kepemimpinan untuk mengkoordinasikan dan membina tim kerja dalam suatu organisasi, dimulai dari lembaga yang kecil di Kampus sehingga dapat mempersiapkan diri memimpin organisasi yang lebih besar nantinya.

Ketua Panitia, Ahmad Fuad menyebutkan bahwa pelatihan tersebut diikuti oleh 46 peserta yang merupakan mahasiswa aktif perwakilan dari prodi-prodi di Lingkungan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry, diutamakan aktif pada organisasi kemahasiswaan di kampus.

“Peserta pelatihan ini diberikan materi kepemimpinan antara lain tentang pengembangan wawasan, pembentukan sikap, pengembangan keterampilan manajemen berorganisasi, serat aktif berorganisasi di kampus,” ujarnya.

Fuad menambahkan, untuk membahas sejumlah materi tersebut, panitia menghadirkan narasumber antara lain Dr Khaidir SH dengan materi Mengenai diri sendiri dan Kepemimpinan diri, Dr Ade Irma, BHSc, MA membahas tentang Publick Speaking dan Interpesonal Skiil, Fajran Zain, MA dengan materi Manajemen Dinamika Berorganisasi.

Lebih lanjut kata Ahmad Fuad, pada hari kedua pantia menghadirkan narasumber yakni Fitrah Ar Rasyidi, Direktur Yout.id yang akan membarikan Kiat profesional leadership, serta materi manajemen kegiatan efektif dan efesien serta berbasis SDG’S oleh Reza Hendra Putra. [Rel]