Manisan Pala, Buah Tangan Primadona Khas Kota Naga

Sumberpost.com | Banda Aceh – Tapak Tuan yang dijuluki sebagai kota Naga tak hanya di kenal dengan wisata alamnya saja, tetapi juga dengan buah tangan khas yakni manisan pala. Pala adalah tumbuhan yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Sebagai rempah-rempah dengan nilai yang tinggi, buah fuli (salut biji), dan biji pala telah menjadi komoditas perdagangan yang penting sejak masa Romawi.

Tapak tuan sangat banyak ditumbuhi oleh pohon pala, ini dimanfaatkan masyarakat sebagai ladang berbisnis. Di Tapak Tuan sendiri bukan hanya biji pala yang bernilai ekonomis, tetapi daging buah nya juga bisa dijadikan sebagai manisan pala dan sirop pala.

Manisan pala sendiri terdiri dari 2 jenis, yakni manisan pala basah dan manisan pala kering, sebenarnya keduanya tidak terlalu berbeda karena bahan baku nya tetap pala, hanya saja proses pembuatannya yang berbeda.

Selain rasanya yang enak, buah pala juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Yakni untuk mengurangi gejala masuk angin, melancarkan pencernaan, menambah selera makan, serta dapat mengatasi gangguan tidur (insomnia). Kini sovenir manisan pala dapat di temui di berbagai toko yang menjual makanan seperti supermarket, serta toko-toko buah yang ada di Aceh, khususnya Kota Tapak Tuan dengan harga yang ramah dikantong.

Bagi teman-teman yang penasaran dan ingin mencoba membuat manisan pala, caranya cukup sederhana. Salah seorang pengusaha manisan pala dari kota Tapak Tuan, Masnawati, membagikan tip dan tatacara pembuatan manisan pala yang dia produksi.

“Pertama-tama rendam pala dengan air laut selama dua malam, lalu kupas kulit buah pala, setelahnya rajang atau bentuk buah pala menurut selera masing-masing, selanjutnya cuci sampai bersih dan di rebus, kemudian cuci lagi setelah itu baru di tambahkan gula dan di rendam selama dua malam, tahapan terakhir yaitu di jemur hingga kering, setelahnya baru di masukkan dalam kemasan,” ujarnya ketika diwawancarai Sumberpost.com melalui WhatsApp, Rabu (8/6/2022).

Farzalia, seorang penggemar manisan pala juga memberi tanggapan terkait citarasa khas dari Manisan Pala.

“Saya sangat menyukai manisan pala, karena rasanya yang manis, dan sedikit ada rasa-rasa pedas, serta segar di mulut hal itu yang membuat saya lebih memilih manisan pala untuk cemilan sehari-hari,” pungkasnya. []

Mag: Cut Wulandari Sukma

Editor: Nurul Hidayah