Bangun Budaya Anti Kekerasan Seksual, Upaya Kolaboratif Dan Edukasi Antar PTKI

Sumberpost.com|Banda Aceh – Pusat Studi Gender dan Anak ( PSGA) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar – Raniry Banda Aceh, turut berpartisipasi dalam kegiatan pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di PTKI tahun 2024. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk (FM) Papua, We Lead, Aliansi Perguruan Tinggi Responsif Gender (PTRG) dan Forum Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA),  Jumat, (03/05/2024).

Kegiatan ini dilakukan melalui via Zoom (Online) yang melibatkan 4 PSGA sebagai penanggap aktif yakni: PSGA UIN Ar-Raniry Banda Aceh, PSGA Sunan Ampel Surabaya, PSGA UIN Mataram dan PSGA IAIN Fattahul Muluk Papua.  Acara aliansi ini berjalan dengan baik dan dihadiri oleh banyak peserta lainnya

Nashriyah, Selaku Ketua PSGA UIN Ar-Raniry menceritakan bagaimana sejarah  perjuangan SK PSGA yang di dapatkan dengan kerja keras dan penuh perjuangan. Ia mengatakan SK keluar  pada  tahun 2019 dan dari sinilah pergerakan dan terus mencoba melihat kampus lain, seperti UI, UGM dan aturan kampus lainnya.

“Akhirnya setelah setahun berjuang, mulai dari tim kecil, lalu kita membuat dan merumuskan hingga tim besar, dan ini kami lakukan pada masa pandemi”, ungkapnya.

Disamping itu Nikmatullah dari kepala PSGA UIN Mataram juga mengatakan, kasus seksual masa kini cukup banyak, hal ini perlu menjadi perhatian kita semua. Seperti contoh kasus yang pernah kami tangani yaitu seorang dosen yang sedang menyampaikan sesuatu kepada mahasiswa sehingga menyebabkan trauma[]

Reporter : Sulastriyani BR Manik

Editor : Anzelia Anggrahini