TPQ Fathun Qarib Kembali Gelar Tarhib Ramadhan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Fathun Qarib (FQ) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh, kembali adakan Tarhib Ramadhan 1445 H untuk yang kedua kalinya. Kegiatan ini mengusung tema “Ramadhan, Ladang Bahagia dan Pahala”. Kegiatan tersebut dilakukan secara terbuka di Masjid Fathun Qarib UIN Ar-Raniry, Selasa (5/3/2024).

Direktur TPQ Fathun Qarib, Mauliza, mengatakan tujuan diadakan Tarhib Ramadhan ini adalah untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1445 H, sehingga para santriwan/i maupun ustadz/ah mampu menyiapkan diri dengan bertaubat sehingga pada bulan Ramadhan nanti dapat beribadah dengan maksimal kepada Allah SWT.

“Tarhib itu dalam artian artinya menyambut, seharusnya kita adakan tarhib ini sejak bulan Rajab atau Sya’ban, namun karena ada beberapa acara lainnya, sehingga kita buat acara ini kurang lebih hampir seminggu lagi sebelum Ramadhan, adapun tujuan tarhib ini agar anak- anak siap dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, supaya mereka dapat menyiapkan diri mereka, bukan hanya anak-anak tetapi ustadz/ah nya juga menyiapkan diri untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan,“ jelasnya.

Tak sampai disitu, Ia juga berharap setelah tarhib ini semoga santriwan/i dan ustadz/ah sudah siap dan tau apa saja hal yang harus dipersiapkan seperti amal-amal ibadah serta apa yang harus dilakukan di bulan Ramadhan. Contohnya memperbanyak membaca Al-qur’an serta ibadah sunnah lainnya.

Dalam Kegiatan ini turut menghadirkan salah satu da’i anak yakni, ustadz Wahyu Rezeki yang merupakan dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), UIN Ar-Raniry, Banda Aceh. Dalam ceramahnya, ia memotivasi para santriwan/i untuk dapat melaksanakan dan memaksimalkan ibadah pada bulan Ramadhan.

Ia juga menyampaikan pada materinya sebelum bertemu dengan bulan Ramadhan, kita harus mempersiapkan 3 hal dimulai dari sekarang, diantaranya: perbanyak istighfar (bertaubat), saling memaafkan (tidak ada benci membenci satu sama lain), dan memperbanyak membaca Al Qur’an pada bulan Ramadhan.[]

Reporter : Arina Manasikana

Editor : Anzelia Anggrahini